Sulit Diterima Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab Sulit Diterima Kerja – Bisa diterima bekerja di perusahaan impian memang menjadi keinginan bagi kebanyakan orang, terutama fresh graduate yang baru saja menyelesaikan studi akademiknya. Namun, tak jarang juga hal itu sekedar impian belaka. Mengingat, banyak dari para pelamar kerja yang merasa sulit diterima sebagai karyawan. Tentu saja, kondisi seperti ini menjadi tekanan bagi […] The post Sulit Diterima Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya appeared first on JakartaKerja.

Sulit Diterima Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab Sulit Diterima Kerja – Bisa diterima bekerja di perusahaan impian memang menjadi keinginan bagi kebanyakan orang, terutama fresh graduate yang baru saja menyelesaikan studi akademiknya.

Namun, tak jarang juga hal itu sekedar impian belaka. Mengingat, banyak dari para pelamar kerja yang merasa sulit diterima sebagai karyawan.

Tentu saja, kondisi seperti ini menjadi tekanan bagi beberapa orang. Apalagi, jika sudah menjadi tuntutan pribadi yang mengharuskan untuk sesegera mungkin mendapatkan pekerjaan yang layak.

Nah, jika kamu pernah atau bahkan seringkali mengalami kondisi tersebut, sebaiknya jangan gegabah dulu. Bisa jadi, ada beberapa hal yang belum kamu ketahui kenapa kamu sulit diterima kerja setiap mengajukan lamaran.

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan membahas penyebab sulit diterima kerja yang umumnya banyak dialami oleh para fresh graduate, baik lulusan S1 maupun lulusan SMA/SMK.

Penyebab Sulit Diterima Kerja

Dalam beberapa kasus, tentu masalah yang sering dihadapi para fresh graduate adalah sulit diterima sebagai karyawan untuk bekerja pada suatu perusahaan. Dimana, hal tersebut ada beberapa penyebabnya. Berikut penjelasannya.

1 . Belum Ada Pengalaman

Satu alasan yang realistis kenapa perusahaan belum memberikan kesempatan kamu bekerja adalah soal jam terbang atau pengalaman.

Tak bisa dipungkiri bahwa pengalaman kerja adalah modal penting yang akan sangat dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.

Sebagus apapun nilai IPK mu, jika sama sekali belum pernah masuk dalam dunia kerja, tentu perusahaan akan berpikir berkali-kali untuk menerimamu.

Karena, dunia kerja berbeda dengan dunia akademis sehingga hal ini yang akan dijadikan salah satu patokan bagi perusahaan untuk menerima kamu bekerja di perusahannya atau tidak.

2. Belum Terlihat Loyalitas

Saat menyeleksi calon karyawan, tentu saja perusahaan menerapkan beberapa indikator yang sangat ketat, salah satunya soal loyalitas dalam bekerja.

Karena, perusahaan tak ingin menerima calon karyawan jika motifnya hanya coba-coba atau sekedar cari pengalaman saja.

Selain itu, loyalitas pun juga belum terlihat. Apakah kamu akan merasa betah bekerja di perusahaan tersebut atau ada kemungkinan putus kontrak. Bahkan, bisa saja keluar tanpa sepengetahuan perusahaan.

Ini tentu menjadi hal yang sangat dipertimbangkan mendalam oleh perusahaan. Mengingat, tentu saja mereka membutuhkan orang atau calon karyawan yang profesional dan berkualitas.

3. Keahlian yang Tidak Sesuai dengan yang Dibutuhkan

Sementara itu, alasan lain yang terbilang logis sebagai penyebab kamu sulit diterima kerja, bisa juga karena keahlian atau kemampuanmu belum dibutuhkan oleh perusahaan.

Hal ini lebih kepada profesionalisme kamu dalam menjalankan tugas sesuai dengan prosedur atau brief yang diberikan perusahaan.

Tentunya, tugas yang diberikan jika tak sesuai, berpotensi membuat pekerjaan molor dan tak sesuai dengan target yang telah ditentukan.

4. Kurang Komunikatif dan Kooperatif

Biasanya, lolos atau tidaknya kamu dalam seleksi pekerjaan, ditentukan dari wawancara dengan HRD maupun dengan pihak Kepala Manajer.

Dimana, dari sini umumnya perusahaan lebih memilih karyawan yang lebih komunikatif dan memiliki dedikasi dalam menjalin komunikasi, baik antar karyawan maupun dengan atasan.

Karena, komunikasi merupakan hal penting yang berperan dalam membangun ekosistem pekerjaan yang efektif dan efisien.

Jika dalam wawancara kamu kurang komunikatif dan tidak kooperatif, mungkin saja ini yang membuatmu sulit diterima kerja.

Nah, dari beberapa penyebab di atas, kamu tentunya harus lebih bisa melatih skill, pengetahuan, dan komunikasi sebagai aspek keahlian yang akan jadi pertimbangan perusahaan.

Akan lebih baik bila kamu bekerja sebagai karyawanp part time maupun membuka usaha sendiri sebagai batu loncatan sebelum kamu melanjutkan pada proses pencarian lowongan pekerjaan. Upaya ini akan lebih efektif untuk menambah pengalaman kamu dalam dunia pekerjaan.

Kalau kamu ingin informasi loker Jakarta yang lengkap, kunjungi JakartaKerja.com yang memberikan kabar lowongan pekerjaan terlengkap dengan ragam profesi.

The post Sulit Diterima Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya appeared first on JakartaKerja.