Review LG Tone Free FN7: Kualitas Audio Premium Bebas Bakteri

Ketika masih berjaya dan mampu bersaing dengan kompetitor, smartphone LG dikenal akan kualitas terbaik terutama dalam sektor kamera dan audio. Menjadi yang pertama dengan sensor ultra-wide angle seperti LG G5, plus ditenagai dengan built-in DAC. Walau dikabarkan tutup bisnis, LG masih rilis perangkat baru, yaitu LG Tone Free FN7. “Loh, kan bisnis smartphone-nya sudah berhenti?” […]

Review LG Tone Free FN7: Kualitas Audio Premium Bebas Bakteri
LG Tone Free FN7

Ketika masih berjaya dan mampu bersaing dengan kompetitor, smartphone LG dikenal akan kualitas terbaik terutama dalam sektor kamera dan audio. Menjadi yang pertama dengan sensor ultra-wide angle seperti LG G5, plus ditenagai dengan built-in DAC. Walau dikabarkan tutup bisnis, LG masih rilis perangkat baru, yaitu LG Tone Free FN7.

“Loh, kan bisnis smartphone-nya sudah berhenti?” Iya, betul. Namun bukan berarti bagian lain ikutan tutup, ya. LG masih terus memproduksi perangkat elektronik rumahan lainnya. Termasuk juga aksesori smartphone, yaitu wearables. Memang tak ada yang menghalangi, karena untuk jenis perangkat ini, tidak membutuhkan perizinan yang rumit seperti sertifikasi TKDN atau lainnya.

Aksesori audio dari LG pun dihadirkan resmi di Indonesia, mencoba untuk bersaing di dalam kolam yang perlahan mulai penuh. Meski dulunya superior, mungkin belum banyak konsumen yang mengetahui kualitas perangkat audio dari pabrikan asal Korea Selatan satu ini. Bisa jadi, fitur kunci lainnya Nampak lebih menarik, yaitu fitur bebas bakteri.

Seperti apa kualitas earphone TWS LG yang satu ini? Berikut adalah impresi saya selama menggunakan LG Tone Free FN7 selama satu minggu pemakaian. TL;DR: bagus dan melebihi ekspektasi, namun dengan beberapa catatan.

Desain LG Tone Free FN7

LG Tone Free FN7

Untuk desain earbud, wajar lah ya kalau tampil mirip dengan seri lainnya. Namanya aksesori dengan bentuk mungil, agak sulit untuk berikan diferensiasi antar produk sambal tetap membuat perangkatnya nyaman digunakan. Tak terkecuali LG Tone Free FN7 satu ini.

Desain charging case-nya sendiri cukup ramping dan terlihat sedikit seperti bedak portabel. Karena didesain membulat dan pipih—desain yang saya pribadi suka, karena mudah dibawa dan masih nyaman ketika diletakkan di dalam saku celana.

LG Tone Free FN7

Ketebalannya sekitar 28mm, dengan bobot case 39 gram (plus 5,6 gram tiap earbud). Bukan yang paling ringan, tapi masih nyaman kok ketika digunakan. Opsi warnanya hanya putih saja, dengan permukaan glossy baik dari casing luar maupun earbud-nya.

­­Terdapat sebuah lampu indikator dekat bagian pembuka tutup case, plus sebuah tombol di sisi kiri bodi untuk atur proses pairing. Ketika dibuka, langsung disambut dengan earphone yang tertempel lewat sistem magnetik, mudah diletakkan dan diambil. Plus, ada bias lampu berwarna biru yang menjadi salah satu daya tarik utama, saya bahas di bagian berikutnya.

LG Tone Free FN7

LG Tone Free FN7 cukup nyaman digunakan di beragam kondisi. Mulai dari kondisi santai hingga sambal olahraga, berkat pilihan total tiga ukuran eartip. Tak perlu takut basah keringat atau percikan air hujan, berkat adanya sertifikasi peringkat IPX4.

Fitur ANC & UVnano

LG Tone Free FN7

Selayaknya earphone TWS premium lainnya, LG Tone Free FN7 juga dilengkapi dengan fitur active noise cancellation atau ANC. Pada masing-masing earbud, terdapat tiga mikrofon yang punya peran berbeda; atas luar untuk reduksi noise dan gema, bawah luar untuk ambil suara pengguna, dan di dalam khusus ANC.

 

Pengguna bisa mengganti mode dari ANC ke ambient sound (untuk membiarkan suara luar terdengar untuk penggunaan publik) hanya lewat gestur sentuh. Tapi entah mengapa tidak dibuat secara berurutan untuk off, ANC dan ambient, bisanya hanya ANC on atau ambient saja. Bila ingin dimatikan, harus mengakses aplikasi.

Mode ANC-nya efektif untuk meredam berbagai sumber kebisingan seperti kendaraan, musik luar ruangan dan lainnya. Selain dari mikrofon, eartip-nya sendiri dirancang khusus dengan bagian dalam ditambahkan bagian spiral, demi performa lebih baik.

Oh ya, dengan adanya tiga mikrofon, perangkat ini sangat nyaman digunakan untuk bertelepon alias cocok untuk kamu yang cari TWS khusus keperluan Zoom conference dan lainnya.

Fitur unggulan lain yang bisa dianggap ‘kekinian’ adalah charging case yang dilengkapi UVnano. Ya, pada masa di mana kita semua lebih aware dengan kebersihan dan kesehatan, LG Tone Free FN7 tentu punya daya tarik yang cukup spesial.

Tidak terus-menerus aktif, memang. Pembersih UVnano baru bekerja ketika perangkat sedang diisi daya lewat kabel USB-C, dalam waktu 10 menit pertama. LG mengklaim bila metode ini efektif bersihkan 99,9% bakteri E. Coli & S. aureus pada lubang speaker tiap earbud.

Dan bukan, proses pembersihannya tanpa memerlukan lampu. Dalam kata lain, efek lampu ketika tutup case dibuka hanya untuk estetika aja. Selain itu, material eartip juga terbuat dari bahan hipoalergenik alias “medical-grade”.

Pengoperasian

LG Tone Free FN7

LG Tone Free FN7 masuk ke dalam jajaran earphone TWS dengan kustomisasi pintasan yang relatif lengkap nan customizeable. Masing-masing earbud memiliki empat pintasan; sentuh sekali, dua kali, tiga kali plus sentuh-dan-tahan. Khusus tiga pintasan utama, bisa diatur sesuai selera sampai bagian kiri dan kanan saja, lewat aplikasi Bernama LG Tone Free.

Tersedia untuk Android dan iOS, pengguna juga bisa lakukan proses pembaruan software, mengetahui kapasitas baterai, hingga ganti equalizer dari empat preset khusus hingga custom. Yang cukup unik, terdapat opsi untuk menyampaikan pesan masuk langsung dari earbud.

Umumnya opsi ini hanya tersedia di Android saja, atau setidaknya di Galaxy Buds Plus. Namun ketika saya sambungkan ke iPhone, masih tersedia. Juga ada opsi tambahan yang hadir secara beta, utamakan kelancaran sambungan di area sulit seperti di area gedung-gedung tinggi.

LG Tone Free FN7

Wear detection membuat musik otomatis terhenti dan lanjut ketika earbud dilepas-pasang. Seamless connectivity antar perangkat masih belum ada, jadi harus putuskan sambungan terlebih dahulu sebelum ingin memasangkan ke perangkat lain, meski sudah tersambung sebelumnya.

Proses sambung ke perangkat barunya sendiri mudah, hanya dengan menahan tombol di samping charging case dua detik. Saat didekatkan ke Google Pixel, otomatis muncul pop-up untuk proses pairing yang lebih mudah.

Baterai

Bukan yang paling lama, tapi sudah sangat pas untuk penggunaan sehari-hari. Total durasi waktu penggunaan LG Tone Free FN7 memang tergolong biasa, hingga 21 jam. Namun setidaknya dalam sekali pengisian daya, tiap earbud bisa digunakan hingga 7 jam non-stop.

Durasi tersebut tanpa mengaktifkan fitur tambahan, ya. Kalau sembari mengaktifkan ANC atau ambient sound, pasti akan berkurang hingga hampir 1/3 waktu total. Dengan kata lain, charging case-nya bisa isi penuh kapasitas hingga dua kali penuh, alias 14 jam.

Tak hanya itu, pengisian dayanya pun sudah mendukung sistem fast charging. Bila butuh untuk isi daya cepat, hanya perlu waktu 5 menit saja, dan kamu sudah bisa menikmati musik selama 60 menit. Mengisi secara nirkabel lewat Qi wireless charger juga bisa, namun waktunya bakal lebih lama.

Kualitas Audio

LG Tone Free FN7

Sebelumnya, saya adalah pengguna smartphone LG G4 hingga LG G6. Hanya ketika menggunakan dua smartphone tersebut, saya memilih untuk menggunakan earphone kabel bawaan, karena kualitasnya yang memang tidak kaleng-kaleng.

Lewat LG Tone Free FN7, partner kerja sama yang dipilih oleh LG berbeda, kini menunjuk Meridian Audio. Ditemukan sejak 1977, produsen perangkat audio kualitas tinggi asal Inggris tersebut ikut andil dalam hasilkan output suara plus fitur ANC.

Hasilnya? Sesuai dengan ekspektasi, keluaran audionya cukup memanjakan telinga. Musik yang didengar terasa ekspansif, dengan separasi tiap instrumen dan vokal yang pas. Awalnya saya merasa bila TWS LG satu ini memang punya karakteristik yang warm.

Namun ketika pertama saya sambungkan dengan aplikasi, preset EQ default-nya adalah bass boost. Saat dipindahkan ke Natural, jadi lebih nyaman dan cocok untuk banyak jenis lagu. Saya pribadi lebih menyukai preset Immersive, beri efek spasial yang juga tidak berlebihan.

Alhasil, keluaran suara jadi cukup netral dengan bass yang cukup deep. Ketika volume mendekati maksimum, dentumannya jadi sedikit pecah—dugaan saya pribadi karena dimensi driver-nya yang tergolong agak kecil di 6mm. Tapi saat volume normal, masih sangat oke kok.

Yang cukup menarik, LG Tone Free FN7 bisa berikan output suara (sedikit) lebih maksimal ketika sedang tersambung ke Google Pixel 3 daripada iPhone 11, tidak sebaliknya. Mulai dari Tick Tock – Tom Misch sampai Terdiam – Maliq & D’Essentials, TWS ini cocok untuk beragam genre lagu.

Kesimpulan

LG Tone Free FN7

Dengan harga jual yang tergolong premium, earphone TWS LG di 2021 ini mampu menjustifikasi hal tersebut dengan beragam fitur menarik yang ditawarkan. Desain case, fitur UVnano, ANC serta kemudahan pengoperasian adalah beberapa bagian yang patut diapresiasi.

Output suara-nya juga oke, meski bukan yang terbaik, terutama bagi kamu yang inginkan TWS dengan dentuman bass melimpah pada volume maksimal (yang sejatinya tidak dianjurkan, ya). Overall, LG Tone Free FN7 bisa dijadikan pilihan utama. Tak perlu meragukan merek, karena track record-nya sudah terjamin.

Review LG Tone Free FN7
8.4 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8.5
Audio Quality8
Features9
Battery8
Pros
- Desain case kompak
- Fitur UVnano
- Kualitas audio unggul
- Fitur ANC dan mikrofon superior
- Aplikasi komplit
Cons
- Tidak mendukung seamless connectivity
- Durasi total penggunaan bukan yang paling awet
- Harga relatif mahal
Summary
Ada yang perlu dibayar untuk mendapatkan fitur anti bakteri ke dalam sebuah perangkat ringkas seperti LG Tone Free FN7. Bila kamu memang inginkan TWS komplit dengan ANC, wireless charging dan lainnya, silakan membeli perangkat ini sebagai opsi terbaik.
Review Pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User Avatar User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Spesifikasi LG Tone Free FN7

Speaker: 6mm dynamic driver per earbud
Mic: Triple mics (2 outer, 1 inner), ANC support
Warna: White
Berat: 5.6g (earbud), 39g (charging case)
Dimensi: 16,2 x 32,7 x 26,8mm (per earbud), 54,6 x 54,6 x 27,5mm (charging case)
Charging port: USB-C, wireless charging
Baterai: – mAh
Fast charging: 5 menit pengisian untuk 1 jam penggunaan
Music playback: 7 jam (tanpa ANC)
Total playback: 21 jam (dengan charging case)
Konektivitas: Bluetooth 5.0
Daya tahan: IPX4 tahan cipratan air
Fitur: awareness mode, Google Fast Pair
Harga resmi: Rp2,749 juta