Memahami Market Share Sebelum Memulai Bisnis

Saat terjun ke dunia bisnis, kamu bakal menjumpai banyak istilah asing yang harus dipahami. Pangsa pasar atau market share adalah salah satu istilah asing tersebut. Pemahaman tentang istilah yang satu ini sangat penting, karena punya keterkaitan secara langsung dengan perkembangan bisnis.  Pangsa pasar memang tidak akan memberi informasi terkait kondisi kesehatan finansial bisnis kamu. Namun, […] The post Memahami Market Share Sebelum Memulai Bisnis appeared first on Akseleran Blog.

Memahami Market Share Sebelum Memulai Bisnis

Saat terjun ke dunia bisnis, kamu bakal menjumpai banyak istilah asing yang harus dipahami. Pangsa pasar atau market share adalah salah satu istilah asing tersebut. Pemahaman tentang istilah yang satu ini sangat penting, karena punya keterkaitan secara langsung dengan perkembangan bisnis. 

Pangsa pasar memang tidak akan memberi informasi terkait kondisi kesehatan finansial bisnis kamu. Namun, pengetahuan tentang persentase market share memberi akses pada pengetahuan tentang tingkat kompetisi bisnis. Dengan begitu, kamu bisa mengatur strategi bisnis dengan lebih baik. 

Pengertian Market Share

Anda perlu tahu bahwa setiap industri punya target pasarnya masing-masing. Selanjutnya, perusahaan dalam sebuah industri mempunyai persentase penjualan dengan jumlah tertentu di pasaran. Market share adalah nilai persentase tersebut. Kamu bisa menemukan market share tingkat nasional, regional, ataupun lokal. 

Cara perhitungan pangsa pasar yang paling sederhana adalah membagi total penjualan perusahaan dengan total penjualan dalam industri. Contohnya, MJF Elektronik berhasil menjual TV senilai Rp5 miliar, dan total penjualan di pasaran sebesar Rp100 miliar. Maka, market share MJF adalah senilai 5%. 

Lebih lanjut, kamu bisa memperoleh data pangsa pasar yang lebih spesifik. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui keunggulan kompetitif produk. Sebagai contoh, produk TV dapat dikategorikan menjadi beberapa segmen, seperti TV LCD, plasma, TV LED, TV OLED, smart TV, dan lain sebagainya. 

Pentingnya Market Share untuk Bisnis

Kamu mungkin berpikir, apa perlunya mengetahui persentase pangsa pasar sebuah produk? Kamu harus tahu bahwa market share adalah salah satu parameter metrik penting dalam menilai efektivitas upaya perusahaan dalam mendatangkan pemasukan. Keberadaannya bisa kamu jadikan patokan dalam mengukur kinerja perusahaan dibandingkan kompetitor. 

Meski begitu, banyak perusahaan yang kurang begitu mencermati keberadaan informasi pangsa pasar. Sebagai gantinya, mereka lebih mengutamakan parameter metrik internal seperti awareness, loyalitas, tingkat kepuasan, peningkatan pemasukan, dan lain sebagainya. Semua parameter itu memang penting, tetapi bisa menimbulkan kesalahpahaman penilaian saat perusahaan memiliki performa di bawah rata-rata kompetitor. 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika memiliki data berkaitan dengan pangsa pasar. Karena market share adalah indikator kunci dalam mengetahui tingkat kompetisi pasar, kamu bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut: 

  1. Mengetahui tingkat perkembangan pasar. Kamu dapat melakukan penilaian apakah kondisi pasar mengalami kenaikan atau penurunan permintaan. 
  2. Mengidentifikasi tren perilaku konsumen di pasaran. Data ini bermanfaat dalam melihat potensi serta peluang di pasaran. 
  3. Memutuskan strategi bisnis secara tepat. Lewat pemahaman tentang pangsa pasar, pebisnis dapat mengeksekusi berbagai strategi bisnis dengan akurat, termasuk di antaranya adalah penetapan harga, promosi, dan lain sebagainya. 

Cara Meningkatkan Market Share Bisnis

Seperti yang telah disinggung, market share adalah parameter kunci dalam menilai tingkat kesuksesan produk perusahaan. Saat memperoleh pangsa pasar yang tinggi, kamu berpeluang menjadi market leader dalam sebuah industri. Oleh karenanya, setiap perusahaan berlomba-lomba meningkatkan pangsa pasarnya. 

Ada beberapa upaya yang bertujuan dalam meningkatkan market share bisnis kamu. Beberapa upaya tersebut di antaranya adalah: 

  • Inovasi

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan market share adalah dengan berinovasi. Inovasi dalam bisnis merupakan kebijakan yang perlu kamu lakukan secara terus-menerus. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh keunggulan dibandingkan kompetitor. 

Baca juga: Ini Prediksi Perkembangan Tren Fintech di 2021!

  • Perkuat riset

Strategi kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperkuat riset. Kamu perlu melakukan riset secara mendalam tentang kebijakan dari para kompetitor. Selanjutnya, kamu dapat mengimbangi strategi dan bahkan selangkah lebih maju dari para pesaing.   

  • Meningkatkan retensi

Hal yang tak boleh kamu lewatkan adalah meningkatkan retensi. Kamu perlu berfokus pada upaya agar konsumen tetap setia. Kamu pasti tahu kalau biaya retensi konsumen relatif lebih murah dibandingkan mencari pelanggan baru. Oleh karena itu, upayakan secara maksimal agar para karyawan mampu menjaga hubungan baik dengan konsumen sehingga mereka loyal dan tidak berpaling ke produk lain. 

  • Akuisisi kompetitor

Strategi terakhir, kamu bisa mengakuisisi bisnis kompetitor. Kebijakan ini kerap dilakukan oleh perusahaan besar. Dengan mengakuisisi kompetitor, perusahaan tidak hanya memperoleh market share. Namun, ada banyak aset berharga lain yang bisa didapatkan perusahaan. 

Nah itulah penjelasan yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan pangsa pasar. Sampai di sini, kamu jadi tahu kalau market share adalah parameter yang tak boleh dilewatkan dalam berbisnis, kan? Semoga bermanfaat, ya. 

Selain dengan beberapa cara yang dapat meningkatkan share bisnis kamu, tetapi kamu juga dapat mengembangkan bisnis milikmu dengan modal yang kamu punya. Namun, juga kamu membutuhkan modal yang lebih banyak, maka di sini jawabannya.

Kembangkan Bisnis Milikmu dengan Mengajukan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id.

The post Memahami Market Share Sebelum Memulai Bisnis appeared first on Akseleran Blog.