Keuntungan Penggunaan Drone Dalam Inspeksi di Offshore Migas

Kini kegiatan pemeliharaan aset yang wajib dilakukan oleh pelaku industri, terutama migas bisa dilakukan dengan teknologi bantuan drone yang lebih aplikatif di offshore migas. Kegiatan pemeliharaan di wilayah operasi migas yang paling terkenal ialah inspeksi. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan aset-aset dalam keadaan baik dan normal untuk dioperasikan. Adanya inspeksi rutin ini tentunya dapat mengurangi […] The post Keuntungan Penggunaan Drone Dalam Inspeksi di Offshore Migas appeared first on Gadget+ | Berita Gadget | Review Gadget | Majalah Gadget.

Keuntungan Penggunaan Drone Dalam Inspeksi di Offshore Migas

Kini kegiatan pemeliharaan aset yang wajib dilakukan oleh pelaku industri, terutama migas bisa dilakukan dengan teknologi bantuan drone yang lebih aplikatif di offshore migas.

Kegiatan pemeliharaan di wilayah operasi migas yang paling terkenal ialah inspeksi. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan aset-aset dalam keadaan baik dan normal untuk dioperasikan.

Adanya inspeksi rutin ini tentunya dapat mengurangi risiko kesalahan ataupun kecelakaan kerja yang dapat mengakibatkan kerugian besar.

Metode yang digunakan dalam melakukan inspeksi pun beragam, salah satunya metode rope access tower atau dengan pantauan udara menggunakan helikopter.

Seiring dengan kemajuan teknologi, inspeksi udara dengan helikopter perlahan mulai ditinggalkan dan beralih dengan inovasi teknologi drone. Adapun beberapa aplikasi yang dapat dilakukan menggunakan drone adalah Inspeksi visual dan thermal.

Inspeksi visual dapat dilakukan pada beberapa aset, seperti bridge, underdeck, crane tower dan communication tower.
Sementara inspeksi visual dan thermal sekaligus juga dapat dilakukan pada aset suar atau flare.

Keuntungan lainnya melalui operasi drone, yakni terbilang aman karena menghilangkan inspektur pada kegiatan berbahaya, seperti memanjat suar. Dengan demikian, risiko keselamatan pekerja dapat diminimalkan.

Oleh sebab itu, Terra Drone Indonesia yang sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan migas besar di Indonesia terus memberikan solusi terbaik untuk berbagai pekerjaan migas.

“Dengan penggunaan drone untuk melakukan inspeksi di area offshore migas tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga menghasilkan pekerjaan secara menyeluruh, cepat dan akurat,” ujarnya.

Selain itu, penggunaan drone juga jauh lebih hemat untuk biaya pengeluaran perusahaan dibandingkan dengan helikopter. Bahkan drone dan sensor yang dipasang dapat menemukan anomali pada aset.

Melalui perusahaan grup yang tersedia di banyak negara, Terra Drone Indonesia dapat menyediakan berbagai teknologi untuk melakukan inspeksi di area offshore migas.

The post Keuntungan Penggunaan Drone Dalam Inspeksi di Offshore Migas appeared first on Gadget+ | Berita Gadget | Review Gadget | Majalah Gadget.