Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Serangan DDoS Attack

Bagi kamu yang terkena DDoS Attack, jangan pusing. Sebab DDos Attack bisa teratasi. Simak cara berikut ini. Revolusi teknologi yang semakin berkembang menyebabkan risiko dan kerentanan terhadap serangan dunia maya semakin tinggi. Hal itu membuat platform keamanan global mau tidak mau harus berinovasi untuk melindungi para penggunanya, salah satunya dengan menciptakan Internet Clean Pipe Technology. […] The post Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Serangan DDoS Attack appeared first on Dunia Fintech.

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Serangan DDoS Attack

Bagi kamu yang terkena DDoS Attack, jangan pusing. Sebab DDos Attack bisa teratasi. Simak cara berikut ini.

Revolusi teknologi yang semakin berkembang menyebabkan risiko dan kerentanan terhadap serangan dunia maya semakin tinggi. Hal itu membuat platform keamanan global mau tidak mau harus berinovasi untuk melindungi para penggunanya, salah satunya dengan menciptakan Internet Clean Pipe Technology.

Baca Juga : Apa Itu Landing Page: Kriteria dan Manfaatnya untuk Bisnis

Baca Juga : Pengertian VPN: Fungsi, Risiko, dan Rekomendasi VPN Terbaik

Salah satu ancaman dunia maya paling berisiko merusak adalah serangan DDoS atau Distributed Denial-of-Service. Serangan DDoS biasanya menyerang dengan membuat waktu henti, biaya bandwidth, serta kehilangan pelanggan. Akibatnya, dapat menyebabkan kerugian finansial yang luar biasa.

Pengertian Internet Clean Pipe Technology

Internet Clean Pipe Technology merupakan solusi mitigasi dari serangan DDoS parsial untuk bisnis online serta laman web yang membutuhkan perlindungan secara real time terhadap serangan DDoS volumetrik.

Tujuan dari Internet Clean Pipe Technology ini untuk menghadang lalu lintas serangan volumetric sebelum ia memasuki pipa data organisasi. Sehingga, layanan web berkemungkinan tetap tersedia untuk pengguna yang terdaftar.

Masalah ini memilki jalan keluar. Karena risikonya dapat menyumbat pipa internet organisasi dan memakan semua bandwidth yang ada.

Nah, untuk menjaga pipa ini tetap bersih, semua lalu lintas mesti melewati pusat pembersihan alias scrubbing center. Hal ini akan membuat lalu lintas yang sah dapat masuk ke server tanpa gangguan.

Memahami DDos Attack (Distributed Denial-of-Service)

Dalam komputasi, serangan DDoS merupakan serangan yang berusaha membuat sumber daya jaringan atau mesin tidak tersedia bagi para pengguna sah. Bentuk kerjanya adalah dengan mengganggu layanan host yang terkoneksi ke internet, bisa dalam waktu singkat atau bahkan tanpa batas.

Denial of service yang kerap terjadi, yaitu dengan membanjiri resource yang menjadi target dengan permintaan berlebihan agar sistem menjadi terbebani dan mencegah semua permintaan untuk masuk.

Lalu lintas masuk yang terkena serangan DDoS berasal dari berbagai sumber. Artinya, jika sudah terkena DDoS attack, maka akan sangat sulit memblokirnya satu demi satu.

Pelaku serangan DDoS biasanya sering menargetkan situs atau layanan yang hosting pada server web profil tinggi, misalkan laman bank atau bahkan gateway pembayaran kartu kredit.

Fungsi dan Manfaat Internet Clean Pipe Technology

Jika kamu menggunakan cybersecurity seperti firewall, layanan antivirus, atau bahkan sistem pencegahan intrusi. Maka, instrumen tersebut tidak untuk menghadang volume lalu lintas gabungan yang tinggi. Perlindungan seperti jenis di atas tidak akan mampu membedakan lalu lintas mana yang berbahaya atau sah.

Nah, fungsi internet clean pipe yang secara khusus untuk mendeteksi serangan DDoS. Internet pipe clean dapat mendeteksi suatu pergerakan, apakah serangan membanjiri jaringan secara volumetric, atau serangan tersebut hanya berupa gangguan aplikasi online.

Lalu apa saja sih fungsi dari Internet clean pipe technology ini? Simak uraian DuniaFintech berikut ini.

Fungsi Internet Clean Pipe Technology :

  1. Sebagai Firewall aplikasi, yaitu kontrol lalu lintas bergantung pada aplikasi yang menghasilkannya dan identitas pengguna. Karena itulah, perlu adanya integrasi dengan sistem direktori perusahaan.
  2. Pemfilteran web yang dapat membatasi lalu lintas bergerak ke konten berbahaya. Selain itu, juga menerapkan kebijakan penggunaan internet perusahaan. Internet clean pipe technology juga membuat basis data URL selalu uodate.
  3. Menjadi perlindungan terhadap ancaman, sehingga dapat mencegah gangguan dan memblokir malware dan adware sekalipun. Hal ini termasuk pada fungsionalitas pencegahan kebocoran informasi.
  4. Mampu menjadi perlindungan ancaman tingkat lanjut, misalkan layanan sandbox yang dapat mengidentifikasi malware zero-day lewat analisis statis dan dinamis kepada file dan tautan.
  5. Portal layanan menjadi terintegrasi kepada platform manajemen layanan keamanan terpadu setiap penyedia layanan perlindungan lewat akses ke laporan dan dasbor.

Manfaat Internet Clean Pipe Technology

Adapun manfaat dari internet clean pipe technology adalah sebagai berikut.

  1. Dapat melindungi akses internet secara penuh berdasarkan teknologi keamanan terbaik.
  2. Ilebih hemat biaya, sebab tidak perlu lagi melakukan investasi dalam perangkat keras, perangkat lunak, pemeliharaan, atau bahkan pengoperasian.
  3. Internet clean pipe technology memiliki layanan yang skalabel berdasarkan virtualisasi, redimensi yang lebih efisien, selaras dengan perubahan apapun dalam persyaratan aliran untuk layanan internet yang berlangganan.
  4. Hampir 100% internet clean pipe dalam ketersediaan layanan terjadi karena arsitektur ketersediaan yang tinggi.

The post Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Serangan DDoS Attack appeared first on Dunia Fintech.