Inilah 5 Kelebihan Beralih dari Earphone Kabel ke Perangkat TWS

Salah satu jenis hiburan yang mudah diakses dan banyak digunakan masyarakat sehari-hari adalah mendengarkan musik. Tak hanya menghibur, musik juga bisa jadi cara untuk menenangkan diri atau tingkatkan fokus bekerja lho. Dengan perangkat yang berbeda-beda, mulai dari speaker, earphone kabel hingga TWS. Walaupun ketersediaan perangkat true wireless stereo (TWS) sudah mulai banyak dengan harga yang […]

Inilah 5 Kelebihan Beralih dari Earphone Kabel ke Perangkat TWS
OPPO Enco Free2

Salah satu jenis hiburan yang mudah diakses dan banyak digunakan masyarakat sehari-hari adalah mendengarkan musik. Tak hanya menghibur, musik juga bisa jadi cara untuk menenangkan diri atau tingkatkan fokus bekerja lho. Dengan perangkat yang berbeda-beda, mulai dari speaker, earphone kabel hingga TWS.

Walaupun ketersediaan perangkat true wireless stereo (TWS) sudah mulai banyak dengan harga yang juga beragam, rasanya sampai saat ini masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan earphone kabel. Selain preferensi pribadi, mungkin juga belum pernah menjajal earphone TWS sebelumnya. Alias belum merasakan benefit atau kelebihan yang bisa ditawarkan lewat perangkat tanpa kabel.

Awalnya, saya pun tak merasa perlu untuk gunakan TWS. Namun memang, kuncinya adalah harus coba lebih dulu. Sudah banyak kok, vendor aksesoris hingga vendor smartphone yang rilis TWS murah. OPPO salah satunya, di mana baru-baru ini rilis dua seri dalam lini OPPO Enco mereka.

Nah, untuk Gizmo friends yang masih pakai earphone kabel dan belum pernah menjajal atau sedang memikirkan untuk membeli TWS, berikut adalah lima keunggulan yang bakal kamu dapatkan setelah mengambil keputusan tersebut.

Praktis Tanpa Kabel

OPPO Enco Air

Perlu mendengarkan musik tapi jadi malas karena kabel earphone lagi kusut-kusutnya? Atau mau terima panggilan jadi harus tertunda karena earphone kabel nyangkut dengan benda lain yang tersimpan di dalam tas? Problema seperti ini bakal hilang ketika kamu gunakan earphone TWS.

Desain TWS kekinian sekarang sudah kompak dan ringan, baik earbud maupun casing atau kotak penyimpanannya. Ada panggilan mendadak? Cukup buka tutup case, ambil earbud, pasangkan ke telinga dan perangkat akan otomatis tersambung. Tak perlu lakukan proses pairing tiap kali kamu hendak menggunakannya.

Dengan tersimpannya earbud di dalam case juga jadi perlindungan tersendiri. Berbeda dengan earphone kabel yang punya risiko rusak karena kabel yang putus atau tertekuk secara ekstrim dalam durasi penggunaan yang lama.

Kompabilitas Tinggi

OPPO Enco Buds

Ya, kini kita sudah berada dalam era di mana tak semua smartphone dilengkapi dengan jack audio 3,5mm. Nggak cuma seri flagship aja, lho, tapi smartphone kelas menengah yang punya bodi tipis pun absen berikan sambungan ke earphone kabel.

Bukan berarti sepenuhnya, memang. Xiaomi Mi 11 Lite dan vivo V21 5G, misalnya, menyertakan dongle dari USB-C ke 3,5mm audio jack dalam paket penjualan. Tentunya, setup seperti ini punya kekurangan; risiko dongle hilang, dan tidak bisa isi daya smartphone sembari mendengarkan musik.

Dengan begitu, earphone TWS kini jadi opsi yang lebih fleksibel untuk dengarkan musik, memanfaatkan koneksi Bluetooth yang dimiliki oleh semua smartphone. mau pakai smartphone flagship atau kelas entri, semuanya kompatibel.

Kualitas Panggilan Suara

OPPO Enco Buds

Suara jauh, tidak jelas atau suara angin sangat umum terdengar ketika sedang lakukan panggilan menggunakan earphone kabel. Alasannya sendiri bermacam-macam. Bisa karena jarak mikrofon yang terlalu jauh, terhalang kerah baju, atau sedang gunakan earphone kiri sementara mikrofon di sebelah kanan (maupun sebaliknya).

Berbeda dengan earphone kabel, perangkat TWS dilengkapi dengan mikrofon pada masing-masing earbud. Bahkan tak sedikit di antaranya memiliki lebih dari satu mikrofon tiap earbud, berfungsi untuk menangkal noise alias suara keramaian di belakang, supaya suara pengguna terdengar lebih jelas.

Dengan begitu, pengguna TWS bebas untuk lakukan panggilan menggunakan earbud kiri saja, kanan saja atau keduanya. Desain yang sudah dirancang sedemikian rupa akan membantu suara panggilan tetap terdengar jelas, tak perlu memikirkan posisi mikrofon yang ada pada kabel.

Cocok Untuk Gaming

OPPO Enco Air

Bila menggunakan earphone kabel yang memiliki desain standar, ujung kabel yang menancap ke bodi smartphone bisa mengurangi experience atau pengalaman main gim. Saat memegang smartphone dalam posisi landscape, salah satu dari kedua tangan tak bisa menggenggam smartphone dengan nyaman, alias terhalang kabel.

Karena memiliki desain yang sepenuhnya nirkabel, tentunya pengguna TWS bakal leluasa menggenggam smartphone-nya saat bermain. Takut akan delay alias latensi atau jeda suara dari smartphone ke earbud? Jangan khawatir, karena sudah banyak TWS yang punya latensi rendah, atau dilengkapi dengan mode gaming khusus.

Kustomisasi Melimpah

OPPO Enco Air

Benefit terakhir yang bakal dapat dirasakan pengguna setelah berpindah dari earphone kabel ke TWS, adalah fleksibilitas akses pintasan tertentu. Pada earphone kabel, umumnya pintasan hanya berupa tombol di sekitar mikrofon, untuk play/pause dan angkat panggilan saja.

Namun dengan earbud yang memiliki sensor sentuh pada bagian permukaannya, kamu bisa akses beragam pintasan hanya dengan mengetuknya selama beberapa kali. Selain play/pause, bisa juga untuk mengangkat panggilan, mengganti lagu sampai memanggil asisten suara.

Selain pengaturan default, umumnya pintasan tersebut bisa dikustomisasi lebih lanjut lewat sebuah aplikasi. Perangkat TWS OPPO, misalnya, gunakan aplikasi HeyMelody. Atau secara langsung dari menu Bluetooth smartphone OPPO yang kompatibel.

Gimana, Gizmo friends, sudah tertarik dengan ragam benefit yang bisa ditawarkan lewat earphone TWS di atas? Pastikan kamu memilih earphone TWS yang tepat, dengan kualitas yang tak sekadar bisa berikan output audio bagus. Namun juga latensi rendah, baterai irit dan kualitas mikrofon prima.

earphone kabel vs OPPO Enco Air - Enco Buds

OPPO Enco Buds dan OPPO Enco Air bisa jadi pilihan terbaik dan terjangkau saat ini, sebagai aksesori audio wearable terbaru rilisan OPPO Indonesia. keduanya punya baterai yang tahan seharian, mikrofon dengan noise-cancelling, serta kualitas audio cukup baik di kelasnya.

OPPO Enco Air dibanderol seharga Rp999 ribu, sementara OPPO Enco Buds lebih terjangkau di Rp599 ribu. Keduanya hadir dengan desain earbud yang berbeda, untuk memenuhi selera dan kebutuhan konsumen. Tinggal pilih saja mana yang lebih cocok untuk Gizmo friends.