Ini Dia Tipe-Tipe Rumah yang Milenial Perlu Ketahui

Ajaib.co.id – Membeli rumah adalah keputusan keuangan terbesar bagi milenial di luar sana, dan mengetahui tipe rumah yang ingin dibeli adalah salah satu bahan pertimbangannya. Untuk memudahkan kamu untuk menemukan pilihan hunian yang sesuai agar tak salah pilih, kamu bisa simak artikel berikut ini hingga selesai. Bagi sebagian milenial, memiliki rumah adalah suatu pencapaian keuangan […] The post Ini Dia Tipe-Tipe Rumah yang Milenial Perlu Ketahui appeared first on Ajaib.

Ini Dia Tipe-Tipe Rumah yang Milenial Perlu Ketahui
tipe-tipe rumah

Ajaib.co.id – Membeli rumah adalah keputusan keuangan terbesar bagi milenial di luar sana, dan mengetahui tipe rumah yang ingin dibeli adalah salah satu bahan pertimbangannya. Untuk memudahkan kamu untuk menemukan pilihan hunian yang sesuai agar tak salah pilih, kamu bisa simak artikel berikut ini hingga selesai.

Bagi sebagian milenial, memiliki rumah adalah suatu pencapaian keuangan terbesar bagi mereka yang patut disyukuri dan dibanggakan. Walaupun begitu, masih banyak milenial di luar sana yang merasa menyesal dengan pilihan rumah yang mereka beli. 

Penyesalan yang banyak dialami oleh milenial tersebut. Umumnya, dikarenakan rumah yang saat ini ditempati dirasa memiliki luas atau ukuran yang tidak sesuai dengan utilitas. Misalnya kamu membeli ukuran rumah yang tergolong kecil dan hanya diperuntukkan untuk 2-4 orang saja. Bagaimana jadinya bila kamu memiliki jumlah anggota keluarga yang lebih dari 4 orang? 

Tentunya kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk merenovasi rumahmu untuk membangun sebuah kamar tidur baru dan sebagainya untuk menyesuaikan jumlah orang yang menghuni rumah tersebut. Tetapi, milenial seringkali mendapatkan masalah gegara sudah tidak memiliki lagi luas tanah untuk dibangun.

Sebenarnya, penyesalan semacam itu bisa tidak terjadi bila kamu memiliki perencanaan yang matang yakni dengan memikirkan masa depan. Di mana, hal ini bisa kamu diskusi dengan pasangan maupun orang tuamu terlebih dahulu. 

Kamu bisa berdiskusi dengan pasanganmu untuk memutuskan ingin memiliki anak berapa. Hal ini perlu diputuskan oleh kamu dan pasanganmu sebagai bentuk perencanaan finansial untuk jangka panjang. Lantaran, ketika kamu memiliki seorang anak yang mulai bertumbuh dewasa. Pastinya, kebutuhan dari sang anak juga ikut bertambah misalnya ingin punya kamar tidur yang terpisah dengan orang tua, ruangan pribadi untuk belajar, dan sebagainya. 

Tipe Desain Rumah untuk Milenial

Inilah alasan mengapa perencanaan masa depan itu penting dalam memilih tipe rumah yang hendak dibeli agar tidak menyesal di kemudian hari. Agar bisa memudahkanmu dalam memilih jenis rumah yang cocok dengan kebutuhan keluargamu di masa yang akan datang. Kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tipe-tipe rumah berikut ini.

3 Jenis Hunian Rumah di Indonesia

Bila kita kategorikan ternyata pemilihan tipe desain rumah di Indonesia, ada tiga yakni rumah sederhana, rumah menengah, dan rumah mewah. 

  • Rumah Sederhana

Luas rumah sederhana umumnya tidak lebih dari 90 meter persegi. Di mana, biasanya pengembang menawarkan rumah ini dengan berbagai tipe di antaranya; tipe 21, 36, 45, dan 60. Tentunya sesuai dengan kategorinya yakni rumah sederhana. Jenis rumah ini jauh dari kata mewah dan lebih menonjolkan dari sisi efektivitas dalam penggunaan lahan. 

  • Rumah Menengah 

Naik satu level di atas rumah sederhana ada rumah menengah. Hunian yang termasuk rumah menengah adalah memiliki luas bangunan dari 90-300 meter persegi. Selain luas bangunan dan luas lahan yang lebih luas, tipe hunian satu ini juga menawarkan berbagai ruangan yang bisa digunakan oleh milenial sesuai dengan utilitasnya.

Untuk hunian yang tergolong rumah sederhana misalnya tipe 90, 120, dll. Bila kamu memilih rumah dengan tipe 90 dengan desain 1 lantai, tipe desain rumah ini akan memiliki 4 kamar tidur yang berukuran sedang.  

  • Tipe Rumah Mewah

Jenis rumah berikutnya adalah rumah mewah yang memiliki luas bangunan lebih dari 300 meter. Umumnya, rumah ini dimiliki oleh seorang miliarder kaya raya karena memiliki harga jual yang terbilang selangit. Jika dibanding dengan harga rumah sederhana, rumah mewah bisa dibanderol setara 6x lipatnya.

yang memiliki luas bangunan lebih dari 300 meter. Umumnya, rumah ini dimiliki oleh seorang miliarder kaya raya karena memiliki harga jual yang terbilang selangit. Jika dibanding dengan harga rumah sederhana, rumah mewah bisa dibanderol setara 6x lipatnya.

Pilih Tipe Rumah yang Sesuai dengan Utilitas dan Anggaranmu

Keluarga kecil yang hanya berisikan 2-4 orang saja, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli tipe rumah 45. Mengapa? Karena rumah tipe 45 sudah memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan dapur. Sehingga cukup bagi kamu yang baru berkeluarga di mana anak-anakmu bisa tidur di satu kamar tidur yang sama. Sedangkan, kamu dan pasanganmu bisa tidur di kamar tidur satunya lagi.

Bagaimana bila kamar tidur anak tergolong tidak terlalu besar? Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan ranjang susun yang tentunya tidak terlalu banyak memakan space ruangan kamar tidur tersebut. Kamu bisa menggunakan ranjang susun dengan penyangga dari jati dan sebagainya agar awet dan tahan lama.

Desain rumah minimalis pun bisa membantu untuk denah rumah type 45 agar dimensi bangunannya cocok untuk lahan yang akan digunakan. Selain memilih tipe rumah 45, sebelum itu kamu juga perlu tahu bangunan tersebut berdiri di lahan seluas berapa. Kamu bisa memilih rumah tipe 45 yang dibangun di atas lahan seluas 120 meter persegi. 

Tentunya dengan perbandingan antara luas bangunan dan luas lahan yang dimiliki masih menyisakan space bagi rumahmu bila hendak akan dilakukan renovasi. Bila jumlah penghuni rumah tipe 45 berpenghuni sebanyak 4 orang (suami, istri, dan 2 anak). Ketika anakmu dewasa nanti, kamu hanya perlu membangun satu kamar tidur dan satu kamar mandi baru untuk anak-anakmu kelak.

Kamu bisa membeli harga rumah tipe 45 mulai dari Rp400 juta hingga Rp2 miliar di kawasan Jakarta. Bila kamu ingin mencari rumah tipe 45 yang lebih murah. Kamu bisa mempertimbangkan lokasi di daerah Jakarta Timur dengan harga Rp350 juta.

Gunakan Dana Investasi untuk Membayar Mahalnya Uang Muka Saat Beli Rumah

Misalnya kamu ingin membeli rumah saat ini dengan harga Rp400 juta di daerah Jakarta. Setidaknya, kamu perlu menyiapkan uang DP sebesar 20% dari harga jual rumah tersebut sebesar Rp80 juta. Agar tidak memperberat pos keuanganmu lainnya, kamu bisa mulai dari sekarang menyicil uang muka tersebut dengan cara berinvestasi secara rutin di saham. 

Kamu bisa berinvestasi sebesar Rp2 juta setiap bulannya selama 48 bulan ke depan dengan tingkat pengembalian mencapai 20% setiap tahunnya. Bila kamu menaruh danamu tersebut di saham, di tahun keempat kamu berinvestasi saham. Hasil investasimu tersebut menjadi Rp115,2 juta. Dana sebesar ini sudah bisa kamu gunakan untuk membayar uang muka dari rumah yang ingin kamu beli tersebut. Walaupun kemungkinan mengalami kenaikan akibat inflasi. Namun, kamu sudah memiliki tambahan uang dari hasil investasimu sebesar Rp35,2 juta. 

Bagaimana cara memulainya? Kamu bisa langsung download aplikasi Ajaib di Google Play Store dan App Store di ponsel pintar milikmu. Dan mulai berinvestasi saham di aplikasi Ajaib yang dijamin 100% aman karena diawasi oleh OJK.

The post Ini Dia Tipe-Tipe Rumah yang Milenial Perlu Ketahui appeared first on Ajaib.