Ingin Terjun di Dunia Investasi? Simak Hal Penting Ini!

Ajaib.co.id – Di era serba digital seperti saat ini banyak orang yang ingin mulai terjun di dunia investasi. Ada banyak hal yang melatarbelakanginya, mulai dari ikut-ikutan, tertarik dengan keuntungan, mudahnya ketika ingin berinvestasi, hingga mulai sadar akan pentingnya investasi sejak dini. Kebanyakan orang yang melek akan investasi kebanyakan adalah generasi milenial. Nah, apakah kamu termasuk […] The post Ingin Terjun di Dunia Investasi? Simak Hal Penting Ini! appeared first on Ajaib.

Ingin Terjun di Dunia Investasi? Simak Hal Penting Ini!
Ingin Terjun di Dunia Investasi? Simak Hal Penting Ini!

Ajaib.co.id – Di era serba digital seperti saat ini banyak orang yang ingin mulai terjun di dunia investasi. Ada banyak hal yang melatarbelakanginya, mulai dari ikut-ikutan, tertarik dengan keuntungan, mudahnya ketika ingin berinvestasi, hingga mulai sadar akan pentingnya investasi sejak dini. Kebanyakan orang yang melek akan investasi kebanyakan adalah generasi milenial.

Nah, apakah kamu termasuk salah satu orang yang tertarik dengan dunia investasi dan ingin mulai terjun ke dalamnya demi mendapatkan keuntungan besar di masa depan? Jika iya, simak terus artikel di bawah ini yuk!

Apa itu Investasi?

Investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang dimiliki seseorang saat ini. Sederhananya, investasi dilakukan untuk memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu.

Ada banyak tujuan investasi yang bisa didapatkan, mulai dari memiliki dana untuk membeli kendaraan, membangun rumah, dana pendidikan, dana pensiun, membuka usaha, hingga tujuan jangka pendek seperti upgrade handphone baru atau pergi berlibur.

3 Poin Penting Dalam Dunia Investasi

Ketika ingin berinvestasi, pasti semua orang berharap untuk mendapatkan keuntungan. Padahal, investasi bukan hanya masalah keuntungan, tapi ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui dan perhatikan. Di bawah ini adalah poin dasar yang harus kamu ketahui sebelum memulai investasi.

1. Memiliki tujuan jelas

Poin pertama yang harus kamu ketahui adalah tuujuan investasi itu sendiri. Ketika kamu memiliki tujuan yang jelas, maka kamu akan lebih mudah mengambil langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan, mulai dari menentukan jangka waktu, instrumen yang dipilih, produk investasi, dan sebagainya. Kenapa? Karena tujuan inilah yang akan memengaruhi investasi seperti apa yang sebaiknya kamu ambil.

2. Menilai Modal yang Perlu Disiapkan

Modal (capital) ini membahas seputar dana atau aset yang kamu miliki sekarang. Dengan mengetahui modal yang kamu miliki, kamu juga lebih mudah memilih produk investasi. Misalnya, jika modalmu besar hingga ratusan juta, mungkin investasi properti bisa jadi pilihan. Sedangkan jika modalmu minim, kamu bisa berinvestasi emas digital atau reksa dana.

Saat ini, berinvestasi lebih mudah dan dengan modal yang minim. Misalnya, ketika kamu ingin berinvestasi reksa dana, kamu hanya perlu modal Rp10 ribu di Ajaib. Sedangkan, untuk berinvestasi saham di Ajaib, kamu hanya membutuhkan modal mulai dari Rp 100.000.

3. Memahami Risiko Investasi

Ketika kamu ingin berinvestasi, bukan hanya keuntungan yang bisa kamu dapat, tapi kamu juga bisa mengalami kerugian. Ini adalah salah satu risiko dari investasi. Jadi, pastikan kamu untuk mempersiapkan dana darurat untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai kamu menggunakan seluruh uangmu untuk berinvestasi, tapi kebutuhan sehari-hari terabaikan.

Jadi, sebelum berinvestasi, pastikan kamu mempersiapkan dana, baik saat akan memulai maupun selama prosesnya. Pastikan juga kamu sudah terlepas dari utang dan memiliki kondisi pendapatan yang stabil dan dana ekstra adalah beberapa hal yang patut diperhatikan.

Selain itu, kamu juga harus paham bahwa dalam berinvestasi semuanya akan imbang. Misalnya, kamu memilih investasi dengan risiko tinggi, maka risiko yang kamu dapatkan pun besar.

Istilah Dalam Dunia Investasi

Nah, bagi kamu yang baru terjun ke dunia investasi pasti akan ada gap didalamnya. Di mana, kamu akan menemui banyak istilah baru yang mungkin baru pertama kali kamu dengar. Agar kamu bisa memulai investasi dengan benar dan tepat, penting bagi kamu mengetahui beberapa istilah tersebut. Apa saja itu?

1. Holding period

Holding period maksudnya adalah waktu yang digunakan investor untuk menyimpan suatu saham selama periode tertentu. Ketika kamu masuk ke pasar modal memang harus menyusun sebuah strategi agar keuntungan berada di pihakmu terus, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan strategi holding period.

2. Diversifikasi

Kamu juga akan mendengar istilah satu ini. Diversifikasi adalah menaruh dana yang kamu miliki ke beberapa produk investasi dengan tujuan untuk mengurangi risiko investasi. Misalnya, jika salah satu instrumen yang kamu miliki anjlok, maka masih ada instrumen lain yang dapat memberikan keuntungan. Nah, untuk melakukan diversifikasi ini kamu bisa memanfaatkan Ajaib sebagai salah satu platform investasi.

Di mana, dengan Ajaib kamu bisa memilih investasi saham dan reksa dana dalam satu platform. Di mana, dengan reksa dana kamu bisa lebih aman karena memiliki risiko rendah dan return rendah, sedangkan saham bisa memberikan return tinggi dengan risiko yang tinggi juga.

3. Lot

Lot merupakan istilah yang akan kamu dengar dalam dunia investasi saham. Di mana, untuk memiliki saham suatu perusahaan, kamu sebagai investor diharuskan untuk membeli lot yang dijual persatuan. Jadi, lot itu sendiri merupakan satuan resmi yang dipakai dalam kegiatan jual beli saham yang sudah ditetapkan Bursa Efek Indonesia.

Tips Sukses di Dunia Investasi

Ketika kamu ingin memasuki dunia investasi, kamu tidak bisa sembarangan dan asal. Di bawah ni adalah beberapa tips ala Warren Buffett, orang terkaya ketiga dari 400 orang di Amerika versi Forbes pada 2018.

1. Berpikir Logis

Ketika memasuki dunia investasi, hindari untuk tindakan gegabah. Sebelum memutuskan menyimpan seluruh aset yang kamu miliki, pikirkan apakah tindakan tersebut masuk akal atau tidak. Jika memang profil risiko dan return yang didapatkan sesuai, maka kamu boleh mencobanya.

Misalnya, ketika memilih instrumen investasi, kamu perlu melihat apakah aset yang ditanamkan memiliki potensi bagus di masa depan atau tidak.

2. Tidak Mudah Tergiur

Ketika ingin berinvestasi di suatu perusahaan, cobalah kenali bisnis dan pengelolanya. Karena setiap investor tentu ingin mendapatkan keuntungan dari aset yang ditanamkan. Namun, jika pengelola bisnis mengobral janji dengan menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal, kamu harus waspada.

Kenapa? Karena investasi sama dengan menanam tumbuhan, di mana kamu membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa sampai pada tahap mapan. Jika kamu mengharapkan keuntungan besar dalam waktu singkat, mungkin kamu harus perbaiki pola pikir tentang investasi.

3. Tidak Fokus di Satu Titik

Bagi Warren Buffett, pengembalian modal bukanlah fokus utamanya ketika ingin berinvestasi. Karena yang terpenting bagi investor adalah strategi investasi yang dijalankan secara berkelanjutan. Sebab jika kamu berinvestasi pada instrumen yang tepat, keuntungan pun akan datang sendirinya. Jadi, mulailah berpikir mendapatkan keuntungan secara berkelanjutan daripada keuntungan besar dalam satu tangkisan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai dunia investasi. Nah, bagi kamu yang ingin terjun di dunia investasi, kini kamu bisa memulainya dengan mudah secara online, kapan dan di mana saja lewat Ajaib.

Dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi mulai dari Rp10 ribu untuk produk reksa dana dan Rp100 ribu untuk investasi saham. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi pertama kamu di Ajaib!

The post Ingin Terjun di Dunia Investasi? Simak Hal Penting Ini! appeared first on Ajaib.