Hedge Fund: Karakteristik, Keunggulan dan Kekurangannya

Hedge fund mungkin masih terdengar asing, tetapi hal ini jadi perbincangan dunia menyusul Melvin Capital yang mengalami kerugian pada 2021 ini. Kehebihan ini membuat pasar investasi jadi semakin ramai. Nah, bagi yang belum memahaminya, mari kita bahas. Pengertian Hedge Fund Hedge fund merupakan dana lindung nilai. Dana investasi yang berbentuk kolektif ini berasal dari sekumpulan […] The post Hedge Fund: Karakteristik, Keunggulan dan Kekurangannya appeared first on Dunia Fintech.

Hedge Fund: Karakteristik, Keunggulan dan Kekurangannya
Surya Fajar Capital picture

Hedge fund mungkin masih terdengar asing, tetapi hal ini jadi perbincangan dunia menyusul Melvin Capital yang mengalami kerugian pada 2021 ini. Kehebihan ini membuat pasar investasi jadi semakin ramai.

Nah, bagi yang belum memahaminya, mari kita bahas.

Pengertian Hedge Fund

Hedge fund merupakan dana lindung nilai. Dana investasi yang berbentuk kolektif ini berasal dari sekumpulan investor yang bermitra. Nantinya, dana tersebut dikelola oleh manager fund agar mendapat hasil optimal yang bertujuan menekan angka risiko kerugian.

Baca Juga : Atomic Swap, Teknologi Smart Contract dalam Cryptocurrency

Baca Juga : Mengenal KYC Serta Mengetahui Manfaatnya dalam Dunia Keuangan

Sistem ini memiliki sifat yang tidak likuid, artinya aset atau aktiva yang sulit terjual secara tunai. Para investor pun harus menyimpan uang pada investasi ini selama setahun. Periode penyimpanan dana ini ini adalah periode penguncian. Sedangkan proses penarikan dana berdasarkan periode-periode tertentu.

Karakteristik

Dana lindung nilai ini punya karakteristik yang membantu investor dalam menganalisis. Misalkan menganalisis sebuah investasi akan menghasilkan keuntungan atau tidak. Beberapa karakteristik lainnya dari itu adalah sebagai berikut.

Kemudian, ini mempunyai sifat yang luas, maksudnya, bisa ke dalam banyak jenis, seperti saham, rumah, tanah, derivative, dan lain sebagainya. Biasanya, untuk meningkatkan potensi keuntungan, nilai linsung sering menggunakan pinjaman dana.

Selain itu, hedge fund punya struktur two and twenty, yaitu investor punya beban rasio biaya dan biaya kinerja. Aset nilai sebesar 2% yang kamu miliki akan mendapat potongan hingga 20% dari penghasilan labanya.

Tujuan Dana Lindung Nilai

Dana lindung nilai atau hedge fund ini punya tujuan utama, yaitu menjaga aset tetap terlindungi. Selain itu, juga sebagai bentuk meminimalisasi kerugian risiko pasar. Meski begitu, metodenya bisa membuat kamu untuk mendapatkan keuntungan.

Hal inilah yang jadi salah satu alasan investor dan pemegang saham menjadikan hedge fund sebagai opsi alternatif dalam investasi. Untuk lebih lengkapnya, mari simak tujuan hedge fund berikut ini.

Mengoptimalkan Imbal Hasil

Keuntungan merupakan prioritas utama para investor saat menginvestasikan dananya. Melalui pengelolaan yang baik, imbal hasil seperti bunga atau deviden pun akan dapat dengan optimal.

Pembagian imbal hasil ini tentunya sesuai dengan besaran modal. Semakin tinggi investor tersebut menanamkan modalnya, semakin besar imbal hasilnya.

Menurunkan Risiko Kerugian

Kemampuan dalam mengelola risiko lebih baik dari pada instrumen investasi lain adalah salah satu hal penting dari hedge fund. Investasi ini punya analisis yang tajam, sehingga bisa menekan risiko kerugian sekuat-kuatnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagaimana investasi pada umumnya, sifat investasi ini tentu saja punya kelebihan dan kekurangan. Apa saja sih? Berikut penjelasannya.

Kelebihan

1.       Investasi hedge fund tergolong lebih fleksibel.

2.       Bentuk investasi dari hedge fund lebih beragam.

3.       Keuntungan dari dana lindung nilai relatif tinggi.

4.       Dana lindung nilai punya strategi investasi agresif, didukung diversifikasi portofolio matang.

5.       Instrumen ini cocok untuk investasi jangka panjang dan pendek.

6.       Investasi dana lindung nilai terkelola langsung oleh tenaga profesional berpengalaman.

Kekurangan

1.       Risiko kegagalan masuk kategori tinggi.

2.       Modal yang dibutuhkan hedge fund tergolong besar.

3.       Tidak semua golongan bisa berinvestasi, ada kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Nah, hedge fund merupakan instrumen investasi dengan fokus utamanya adalah menjaga aset yang kamu miliki tetap aman. Investasi ini menawarkan keuntungan yang berlipat, tetapi juga memiliki risiko kerugian yang harus kamu waspadai.

Akan tetapi, karena dikelola oleh profesional manajer investasi yang mengerti dengan seluk beluk investasi, sifat ini masih menjadi pilihan yang menarik bagi para investor.

Peluang untung besar menarik banyak investor untuk menginvestasikan modalnya. Namun karena sifatnya terbatas, tidak semua orang dapat menggunakan instrumen dana lindung nilai ini. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

The post Hedge Fund: Karakteristik, Keunggulan dan Kekurangannya appeared first on Dunia Fintech.