5 Game Nintendo Switch yang Cozy dan Chill untuk Bersantai di Waktu Luang

Game ini tidak hanya punya cerita yang ringan (kalaupun ada), tapi juga gameplay yang sederhana dan tidak memberikan tekanan ke pemainnya.

5 Game Nintendo Switch yang Cozy dan Chill untuk Bersantai di Waktu Luang

Game adalah medium hiburan yang ditujukan untuk semua orang. Tapi seperti apa hiburan yang kamu dapatkan tergantung pada game yang kamu mainkan. Game dengan elemen kompetitif tentu ditujukan untuk mereka yang suka bersaing. Lalu ada juga game yang menantangmu untuk berpikir seperti game puzzle, game yang mengajakmu menikmati cerita yang menggugah, hingga game yang sekadar mengajakmu bersantai tanpa tekanan apa-apa.

Lima game Nintendo Switch di bawah ini memberikan pengalaman yang cozy dan santai ke pemainnya. “Santai” di sini tidak terbatas pada desain visual yang indah dan lucu saja, tapi juga dari elemen lain. Game di bawah ini memiliki cerita yang sangat sederhana atau bahkan tanpa cerita. Selain itu gameplay-nya juga sederhana dengan tekanan dan hukuman yang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Artinya game-game ini memang ingin mengajakmu menikmati semua konten yang ada di dalamnya dengan santai.

1. Animal Crossing: New Horizons

Saya rasa tidak ada game Nintendo Switch yang lebih cozy dan santai daripada Animal Crossing: New Horizons. Kamu akan tinggal di sebuah pulau bersama penghuni lain, lalu menjalani kehidupan sehari-hari dan melakukan kegiatan sehari-hari.

Dalam game ini kamu bebas melakukan apa saja tanpa ada tekanan sama sekali. Kamu bisa mengumpulkan sumber daya untuk membuat banyak perabot, berinteraksi dengan penghuni lain, mendekorasi pulau, atau membayar hutang kapanpun kamu mau. Tidak ada yang memberikan batas, waktu dan kamu justru mendapatkan imbalan ketika mencapai milestone tertentu.

2. Minecraft

Jika kamu merasa Animal Crossing: New Horizons terlalu membosankan, kamu tentu saja bisa mencoba Minecraft. Apapun platform-nya, saya rasa tetap belum ada game yang bisa menawarkan pengalaman yang lebih bebas daripada Minecraft.

Memang, game ini tidak didesain secara khusus agar memberikan pengalaman yang cozy. Tapi kamu bisa membuat pengalaman cozy sesuai keinginanmu karena game ini mengizinkanmu melakukan apa saja. Kamu bisa melakukan petualangan epic menghadapi naga, tapi di saat yang sama kamu juga berkebun dan membuat monumen hasil desainmu sendiri. Bermainlah dengan caramu sendiri dan bersantailah dengan caramu sendiri.

3. A Short Hike

Dalam A Short Hike, kamu akan mengendalikan seekor burung yang datang ke sebuah pulau wisata. Pulau ini punya puncak yang cukup tinggi serta wilayah menarik lain seperti pemandian air panas, tempat memancing, dan penginapan yang nyaman.

Begitu permainan dimulai, kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau. Kamu bisa menemukan power-up dan upgrade agar bisa melakukan eksplorasi dengan lebih bebas. Tapi jika tidak mau bisa sekadar menikmati pemandangan, berinteraksi dengan wisatawan lain dan membantu kebutuhan mereka, atau mendaki ke puncak. Objektif yang ada bisa kamu selesaikan dengan berbagai cara, dan kamu bebas ingin melakukan objektif yang mana karena tidak ada yang menghukum caramu bermain.

4. ABZU

Ketika sebuah game membawamu ke dasar laut, kamu biasanya harus berhadapan dengan sumber daya yang terbatas seperti oksigen dan makanan. Akibatnya seindah apapun dunia bawah laut yang kamu lihat, kamu tetap harus mengelola sumber daya yang kamu miliki. ABZU menghapus limitasi dan memberikan pengalaman yang jauh lebih santai.

Dalam ABZU, kamu bisa menelusuri dunia bawah laut sesuka hatimu tanpa adanya sumber daya yang harus kamu kelola. Kamu juga akan menemukan puzzle sederhana yang akan membuka area baru yang bisa kamu nikmati. Kapan kamu ingin membuka area ini tentu saja terserah kamu karena kamu mungkin sibuk memandangi dunia bawah laut yang indah bersama makhluk bawah laut yang dengan senang hati menmanimu.

5. New Pokemon Snap

New Pokemon Snap adalah game di mana kamu akan menelusuri area safari dihuni berbagai macam Pokemon. Tugasmu adalah memotret para Pokemon ini dengan perilaku unik mereka masing-masing.

Memang, dalam satu sesi safari kamu hanya bisa memotret sebanyak 72 kali, dan kamu harus menemukan empat pose atau perilaku yang berbeda untuk masing-masing Pokemon. Tapi game ini tidak pernah memberikan tekanan kapan kamu harus menyelesaikan objektif yang ada. Kamu bisa mengunjungi area yang sama berkali-kali sepuasmu untuk menikmati pemandangan yang ada dan melihat perilaku Pokemon yang unik dan menggemaskan.

BACA JUGA: review New Pokemon Snap dari Gimbot