Tips Kerja Remote Agar Nyaman dan Menyenangkan

Kerja remote adalah sistem kerja yang membebaskan pegawai untuk bekerja dimanapun mereka mau. Pegawai bisa mengerjakan di café, co-working space, perpustakaan, dan tempat-tempat lainnya yang sekiranya nyaman dan menyenangkan bagi mereka. Saat ini banyak pegawai yang kerja remote dari rumah karena kondisi pandemi Covid-19. Mulai banyak startup dan perusahaan yang menawarkan opsi kerja remote agar […] Artikel Tips Kerja Remote Agar Nyaman dan Menyenangkan pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.

Kerja remote adalah sistem kerja yang membebaskan pegawai untuk bekerja dimanapun mereka mau. Pegawai bisa mengerjakan di café, co-working space, perpustakaan, dan tempat-tempat lainnya yang sekiranya nyaman dan menyenangkan bagi mereka.

Saat ini banyak pegawai yang kerja remote dari rumah karena kondisi pandemi Covid-19. Mulai banyak startup dan perusahaan yang menawarkan opsi kerja remote agar lebih aman. Meski mulai sering dilakukan, walau bagaimanapun kerja remote berbeda dengan kerja dari kantor.

Di kantor kita akan dipaksa untuk bekerja lebih produktif, sedangkan kerja remote kita harus pintar mengelola waktu. Jika tidak dapat mengelola waktu dengan baik, salah-salah Anda bisa kebablasan karena terlalu banyak menunda pekerjaan.

Berikut ini, kami akan membahas agar kerja remote Anda menjadi lebih produktif dan menyenangkan. Dengan begitu, Anda bisa mengelola waktu dengan efektif. Simak tipsnya berikut ini.

Tips Kerja Remote Agar Nyaman dan Menyenangkan

Sebelum masuk ke tiap poinnya, pastikan Anda langsung menerapkan dan Anda bisa rasakan sendiri manfaatnya pada pengaruh pekerjaan Anda. Langsung saja, mari kupas satu per satu tips kerja remote berikut ini.

1. Siapkan Tempat Kerja yang Nyaman

Hal pertama yang perlu Anda siapkan tentu saja tempat kerja yang nyaman. Karena tempat kerja bisa mempengaruhi kualitas pekerjaan Anda. Percayalah, bahwa di mana Anda bekerja mempunyai pengaruh yang besar terhadap efektivitas dan produktivitas kerja Anda.

Beberapa hal di bawah ini mungkin akan membantu Anda bekerja dengan nyaman dan menyenangkan:

  1. Pilih tempat yang tenang dan kondusif, Hal ini agar memudahkan Anda lebih fokus dalam bekerja, apabila Anda bekerja dari rumah maka Anda bisa menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja.
  2. Meja dan kursi kerja yang ergonomis, meja dan kursi ergonomis akan menghindarkan Anda dari rasa kecapekan dan mendukung Anda lebih nyaman dalam bekerja.
  3. Headset atau earphone, keduanya ini bisa berfungsi untuk mendengarkan lagu ketika bosan atau bagi orang-orang yang butuh fokus dengan mendengarkan musik. Headset juga berfungsi untuk melakukan conference call atau video call dengan rekan kerja.
  • Koneksi internet yang cepat dan stabil, Sudah pasti yang paling penting diperlukan adalah koneksi internet yang lancar jaya. Kalau perlu pasang wifi dirumah Anda yang cepat dan stabil.
  • Aplikasi chat dan video conference, Selalu siapkan aplikasi chat dan video conference untuk meeting atau berkomunikasi dengan atasan dan rekan kerja.
  • Botol air minum, Selalu siapkan air minum agar Anda tetap fokus dan juga menghindari Anda dari dehidrasi. Di samping itu agar memudahkan Anda agar tidak bolak-balik mengambil air minum.

Meski terdengar remeh, nyatanya masih banyak orang yang masih memutuskan untuk bekerja di sofa atau di kasur. Jika Anda adalah salah satunya, hindari kebiasaan tersebut dan mulai menerapkan tips diatas agar Anda bisa lebih produktif dan memanfaatkan waktu dengan baik.

2. Siapkan Software yang Penting

Setelah mempunyai tempat kerja yang nyaman, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan software yang penting dalam menunjang pekerjaan Anda. Berikut ini adalah software yang bisa membantu Anda dalam kerja remote.

  1. Aplikasi task management atau to-do-list, contoh aplikasi ini adalah Quire atau Trello yang akan membantu Anda dalam membuat to do list, apa saja tugas yang harus di kerjakan. Hal ini lebih memudahkan Anda dalam mengatur pekerjaan.
  2. Aplikasi konversi waktu, Jika Anda bekerja di perusahaan luar negeri atau memiliki klien di luar negeri, aplikasi konversi waktu dapat memudahkan Anda dalam menyesuaikan waktu ketika melakukan conference call. Jika ingin praktis, Anda juga bisa kunjungi website The Time Zone Converter.
  3. Aplikasi chatting dapat membantu Anda berkomunikasi dengan tim. Misalnya dengan telegram, Slack, WhatsApp, ataupun fitur chat di Skype.

Jika Anda bekerja secara remote, pastikan semua tim Anda menggunakan software yang sama agar lebih memudahkan Anda dalam berkoordinasi dan membuat laporan.

3. Buat Alur Kerja yang Jelas

Setelah menyiapkan segala software yang dibutuhkan, langkah selanjutnya Anda bisa mendesain alur kerja agar jelas dan terstruktur dengan rapi. Karena bagaimanapun yang menjalankan yaitu Anda. Anda bisa pakai patokan sederhana berikut ini dalam membuat alur kerja yang jelas.

  • Apa yang sedang dikerjakan?
  • Yang akan dikerjakan selanjutnya?
  • Apa hasil yang diharapkan dari tugas ini?

Anda dan tim wajib tahu progress masing-masing pekerjaan. Apa yang dikerjakan hari ini dan besok juga penting diketahui. Anda bisa merencanakan tugas apa yang akan dikerjakan hari ini, pekerjaan apa saja yang ingin diambil dan kapan pekerjaan itu bisa selesai. Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu ketika akan mengambil tugas atau membutuhkan bantuan dari rekan satu tim.

4. Buat Jadwal Rutin Untuk Laporan

Selanjutnya, Anda sudah melewati proses bekerja dengan lancar dan satu waktu khusus perlu disediakan untuk untuk laporan secara rutin. Karena laporan itu penting bagi masing-masing anggota tim untuk berdiskusi. Selain itu laporan yang dibuat ini bisa menjadi ajang untuk diskusi dan untuk mengurai masalah dan memperbaiki alur kerja. Setelah melakukan evaluasi terhadap tim, kamu juga perlu membuat laporan kepada atasan agar atasan juga mengetahui progress pekerjaan Anda. Untuk tugas-tugas seperti bagian Accounting laporan merupakan hal yang penting setiap bulannya, untuk itu penggunan software Accounting sangat penting dalam menunjang pekerjaan agar lebih efektif dan efisien.

5. Jadwalkan Online Meeting Secara Berkala

Selain output pekerjaan, hal lain yang harus diperhatikan adalah rasa kerja sama yang bisa dilakukan dengan menjadwalkan online meeting secara berkala. Di sini Anda bisa membahas dengan rekan kerja berbagai progress pekerjaan ke tiap divisi. Hal-hal lain seperti manajemen tugas, skill atau tren industri juga dapat dibahas.

Dengan cara ini, Anda bisa membangu komunikasi dengan berbagai divisi tim. Selain itu, Anda juga bisa memastikan bahwa anggota tim punya pandangan yang sama soal tujuan perusahaan dan cara mencapainya.

6. Merespon Percakapan

Yang paling sering dilupakan disini, banyak pegawai yang tidak banyak merespon percakapan di aplikasi chat. Karenanya, Anda perlu merespon atau membuat percakapan kecil kepada rekan kerja. Mereka juga mengetahui bahwa Anda aktif dan tak merasa segan semisal ingin meminta waktu untuk berdiskusi. Di sisi lain, hal ini juga membantu Anda agar nampak berkomitmen dan bertanggung jawab pada tugas meski bekerja secara remote.

Oleh karena itu sebagai pegawai yang bekerja remote sebaiknya Anda selalubisa dipercaya terutama dalam menjalankan tugas kantor. Anda perlu melakukan manajemen waktu dengan baik. Setidaknya kesempatan ini dipergunakan dengan sebaik mungkin sehingga pekerjaan Anda selalu tepat waktu. Selain itu Anda perlu menggunakan teknologi dengan bijak dan tepat serta untuk kepentingan pekerjaan agar teknologi yang ada bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Adapun sistem ini sama halnya dengan sistem keuangan perusahaan. Tentunya diperlukan sistem yang lebih baik untuk memastikan kecurangan keuangan perusahaan dapat dihindari. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense, yang mana produk ini memiliki beberapa fitur penting seperti:

  • Auto Reimbursement
  • Auto Generate Expense Report
  • OCR (Auto Read Receipt)
  • Cash Advanced
  • Real Time Direct Transfer
  • Custom Approval Flow
  • Custom/Advance Approval Policy
  • Custom Reports Field
  • Custom Expense Transaction Field

Oleh sebab itu percayakan sistem keuangan perusahaan pada JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis sekarang juga dan mulai dapatkan manfaatnya.

Artikel Tips Kerja Remote Agar Nyaman dan Menyenangkan pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.