Tips Efektif Berkomunikasi dengan Tim Selama WFH

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, semakin banyak perusahaan yang menerapkan pola bekerja dari rumah (work from home/WFH). Tak dipungkiri banyak penyesuaian yang perlu dilakukan dengan perubahan pola kerja tersebut, termasuk perihal komunikasi tim kerja.   Bagaimana agar komunikasi dengan anggota tim di tempat kerja tetap berjalan efektif sehingga produktivitas serta kekompakan terus terjaga? Berikut beberapa tips […] The post Tips Efektif Berkomunikasi dengan Tim Selama WFH appeared first on Akseleran Blog.

Tips Efektif Berkomunikasi dengan Tim Selama WFH

Sejak pandemi covid-19 melanda dunia, semakin banyak perusahaan yang menerapkan pola bekerja dari rumah (work from home/WFH). Tak dipungkiri banyak penyesuaian yang perlu dilakukan dengan perubahan pola kerja tersebut, termasuk perihal komunikasi tim kerja.  

Bagaimana agar komunikasi dengan anggota tim di tempat kerja tetap berjalan efektif sehingga produktivitas serta kekompakan terus terjaga? Berikut beberapa tips untuk Sobat Akseleran.

Mengatur Jadwal Virtual Meeting Reguler

Buatlah jadwal virtual meeting reguler seperti halnya sebelum pandemi. Rutinitas ini perlu untuk menjaga fokus dan keteraturan ritme kerja.

Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa situasi bekerja dari rumah jelas berbeda dengan bekerja di kantor. Sepakati bersama dengan tim mengenai kecocokan jam rapat berlangsung. Misalnya, rapat pagi pukul 10.00 atau rapat evaluasi mingguan setiap Jumat pukul 16.00.  

Mengoptimalkan Media Komunikasi yang Tersedia

Ada beragam pilihan media untuk berkomunikasi dengan tim. Mulai dari email, pesan instan, hingga video call. Pastikan Sobat selalu terhubung dengan gadget selama jam kerja, sehingga koordinasi antar anggota tim tetap terpantau dan tersampaikan dengan lancar. 

Sobat juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk berkoordinasi seputar pekerjaan. Aplikasi ini biasanya menyediakan fitur untuk menyusun prioritas kerja, forum diskusi antar anggota hingga tabel timeline yang membantu mengatur alur pekerjaan. 

Sigap Memberi Respon 

Jika Sobat membutuhkan feed back dari salah seoarang atau beberapa anggota tim, sebaiknya langsung tag atau mention rekan tersebut agar mereka bisa langsung merespon. 

Usahakan segera memberi tanggapan atas permintaan atau pernyataan dari rekan kerja. Pahami urgensi dari masing-masing tugas sehingga Sobat pun bisa membuat prioritas pesan mana yang perlu direspon lebih dulu. 

Kabari anggota tim atau rekan kerja, jika Sobat memiliki agenda atau hal lain yang harus dilakukan. Dengan begitu, tim akan terinfo dan bisa melakukan back up jika ada pekerjaan yang perlu ditangani, sementara PIC-nya berhalangan.  

Team-Bonding

Sediakan waktu untuk percakapan santai, menanyakan kabar satu-sama lain sebelum/sesudah meeting. Ciptakan dialog yang terbuka dan berempatilah dengan rekan kerja. Di luar meeting pekerjaan, luangkanlah waktu bersama tim untuk mempererat kekompakan. Misalnya, membuat virtual meeting khusus merayakan ulang tahun salah satu rekan tim. Bagi yang tinggal di area yang sama, bisa janjian olah raga bersama atau bertemu secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email cs@akseleran.co.id.

The post Tips Efektif Berkomunikasi dengan Tim Selama WFH appeared first on Akseleran Blog.