Mau Belanja Barang Mewah Anti Rasa Bersalah? Simak 9 Caranya di Sini!

Belanja barang fesyen bermerek memang menyenangkan dan memberi kepuasan tersendiri. Namun, harganya yang relatif mahal sering kali memunculkan rasa bersalah tiap kali berbelanja untuk memperbaharui lemari. Apakah memang ada cara membeli barang mewah tanpa harus dihantui rasa bersalah? Hal itu dirasakan oleh aktris Cinta Laura. Baru-baru ini, lewat wawancara yang diunggah di chanel youtube milik […] The post Mau Belanja Barang Mewah Anti Rasa Bersalah? Simak 9 Caranya di Sini! appeared first on Pluang.

Mau Belanja Barang Mewah Anti Rasa Bersalah? Simak 9 Caranya di Sini!

Belanja barang fesyen bermerek memang menyenangkan dan memberi kepuasan tersendiri. Namun, harganya yang relatif mahal sering kali memunculkan rasa bersalah tiap kali berbelanja untuk memperbaharui lemari. Apakah memang ada cara membeli barang mewah tanpa harus dihantui rasa bersalah?

Hal itu dirasakan oleh aktris Cinta Laura. Baru-baru ini, lewat wawancara yang diunggah di chanel youtube milik Gritte Agatha, Cinta mengatakan bahwa ia selalu merasa bersalah ketika membeli barang-barang branded. Rasa bersalah itu kemudian menuntunnya untuk tetap hidup hemat dan sederhana.

“Aku guilty (merasa bersalah) kalau ngebeli sesuatu yang baru atau mahal. Misalnya tas branded Rp30 juta, bayangkan berapa keluarga atau anak yang bisa aku sekolahin dan kasih makan dengan uang Rp30 juta,” ujar Cinta.

Ucapannya itu sempat membuat gaduh warganet yang terusik. Pasalnya, fesyen item bermerek seringkali memang memiliki kualitas yang sesuai harga. Apalagi, merek-merek kawakan seperti Chanel, Hermes, dan Loubotin biasanya mengeluarkan item fesyen yang bersifat abadi (timeless)

Setiap orang tentu punya preferensinya sendiri menyoal pilihan fesyen yang dikenakan. Bermerek ataupun tidak, itu semua kembali kepada masing-masing individu.

Harus diakui, barang bermerek karya desainer terkenal memang bukanlah kebutuhan pokok. Kamu bisa saja mendapatkan barang dengan fungsi dan estetika yang mirip dengan harga jauh lebih murah.

Sehingga, ucapan aktris blasteran Jerman-Indonesia itu pun mengundang pertanyaan. Apakah kita memang sepatutnya merasa bersalah setelah belanja barang mewah?

Sobat Cuan perlu paham bahwa pada dasarnya, belanja adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu, beli barang mewah pun sah-sah saja asal tahu strateginya!

Yuk, simak strategi dan cara beli barang mewah di bawah ini!

Baca juga: Mau Jadi Orang Kaya? Yuk, Ikuti Resep Rahasia Menjadi Kaya dari Elon Musk

Cara Beli Barang Mewah Tanpa Bikin Kantong Bolong

Jika kamu tertarik atau sudah menjadi kolektor barang mewah, ada baiknya kamu menyimak tips berikut ini agar guilty pleasure kamu tidak menguras kantong.

1. Menabung Sebelum Membeli

Menabung memang cara yang mudah untuk menggapai impian finansialmu. Jika memang tujuan finansialmu adalah membeli barang mewah, tidak ada salahnya kamu menabung untuk mendapatkannya!

Hanya saja, kamu perlu ingat bahwa barang mewah bukanlah kebutuhan pokok. Sah saja untuk membeli barang mewah asalkan semua kebutuhan pokok memang sudah terpenuhi dan tabunganmu sudah aman.

Kamu perlu menyisihkan uangmu untuk hari tua dan kebutuhan lainnya. Pastikan tujuan finansialmu terpenuhi sesuai target, tidak terganggu oleh belanja barang mewah yang sudah kamu idamkan itu.

2. Kualitas di Atas Kuantitas

Tas tangan karya desainer memang umumnya lebih awet ketimbang tas yang dijual di toko retail. Namun, bagaimana pun, koleksi tas mewah kamu bukanlah investasi.

Kamu perlu selektif memilih item yang memiliki daya manfaat jangka panjang dengan kualitas yang sangat baik. Mengingat harganya yang tidak murah, tahan keinginanmu untuk memiliki tas tangan yang murah dalam jumlah banyak.

Jika memang kamu ingin memiliki tas tangan edisi terbatas karya desainer terkenal, pastikan bahwa kualitas jadi prioritasmu.

3. Incar Harga Diskon

Nah, inilah cara beli barang mewah paling mudah. Namun, kamu perlu rajin mencari informasi lantaran desainer kenamaan memang jarang memberi diskon.

Namun kalau kamu beruntung, item incaranmu bisa saja banting harga. Asalkan sabar dan tahu pasti barang mana yang kamu inginkan, kamu pasti bisa mendapatkannya dengan potongan harga.

Beberapa merek kerap melakukan cuci gudang di akhir musim. Selain itu, kadang toko rental barang mewah menjual koleksinya yang sudah beberapa kali dipakai dengan harga yang menggiurkan.

Jangan lewatkan kesempatan ini demi menjaga pundi-pundimu tetap gemuk meski kamu gemar berbelanja!

Baca juga: Apa Itu Luxury Item?

4. Tabungan Khusus untuk Barang Bagus

Kamu bisa mulai menyisihkan pendapatanmu pada rekening khusus yang kamu peruntukkan untuk berbelanja fesyen item favoritmu. Sisihkan dengan baik sembari mempertimbangkan kembali barang mana yang betul-betul kamu inginkan.

Ini akan membuat kamu lebih menghargai barang mewah itu saat kamu sudah mampu membelinya. Karena kamu betul-betul menyukai barang itu alih-alih sekedar impulsif saja. Kamu punya waktu untuk memikirkan berulang kali selama mengumpulkan uang untuk membelinya.

Cara ini juga membebaskanmu akan dari cicilan kartu kredit yang mencekik. Dengan begitu, kamu akan terbebas dari merasa bersalah setelah berbelanja barang mewah.

5. Hindari Beli Item Fast Fesyen

Tips cara beli barang mewah berikutnya adalah hindari item fesyen yang berupa tren sesaat dengan harga yang tidak murah. Apa alasannya?

Kamu perlu menghindari membeli barang seperti ini karena hanya akan memenuhi lemari setelah trennya lewat. Selain itu, kamu juga jadi lebih boros karena harus berbelanja lagi.

Hindari pula pemilihan warna musiman, sebab mungkin kamu tidak bisa memakainya lagi saat tren warnanya berubah.

Selain itu, beberapa item fesyen mungkin sulit untuk dipadankan, sehingga pilihlah item lain yang akan mudah dipadukan dengan isi lemarimu. Tidak lupa juga untuk memilih barang yang sesuai dengan gayamu.

Mengoleksi barang mewah dan item fesyen bermerek memang mengharuskanmu jadi pemilih yang penuh pertimbangan. Pastikan keputusanmu bisa membuatmu tampil berkelas dan memukan dalam waktu yang lama, ya!

6. Jangan Berkompetisi

Mengoleksi barang bermerek bukanlah kompetisi yang harus kamu menangkan. Bukan pula ajang untuk menjadi pemilik item terbanyak dan terlengkap. Jangan sampai kamu membeli barang hanya karena sedang tren saja, karena itu sama dengan pemborosan!

Pastikan kamu memang niat membeli barang yang kamu inginkan dan sesuai untukmu. Jangan termakan konten influencer atau orang lain sebab kamu tidak tahu kondisi finansial mereka. Boleh jadi kondisinya jauh berbeda dengan kondisimu.

Pastikan untuk selalu membeli barang yang terjangkau kantongmu. Barang yang kamu suka dan akan membuatmu bahagia adalah yang terbaik dibanding barang yang bertujuan untuk mengesankan orang lain.

Baca juga: Dari Inul Daratista Hingga Dian Sastro, Ini “Istana” 7 Selebritas Indonesia

7. Padu Padankan dengan Serasi

Fesyen sebetulnya industri yang luas dan tidak terbatas pada item high-end saja. Tidak ada salahnya memadukan kaus yang kamu beli di toko retail dengan tas chanel atau sepatu bersol merah yang legendaris itu.

Keserasian dan keahlian memadupadankan adalah kunci dari tampil fashionable. Bagaimanapun, selama penampilanmu membuatmu percaya diri, kamu pasti terlihat lebih menarik. Berapapun harga outfit dan fesyen item yang kamu kenakan.

8. Sewa Saja Dulu

Saat ini sudah banyak start up yang menawarkan jasa sewa barang mewah dan item fesyen bermerek. Biasanya kamu akan dikenakan biaya berlangganan dan fee lainnya. Namun, cara ini lebih efisien ketimbang kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk melengkapi sendiri koleksimu, bukan?

Kamu bisa memilih untuk menyewa dulu barang incaranmu dan lihat apakah barang tersebut memang pas dengan gayamu. Kamu juga bisa menyewa barang lain dari koleksi fesyen high-end yang lebih trendi dan tergolong fast fesyen.

Kelebihan dari menyewa barang ini adalah kamu akan terbebas dari biaya maintenance yang tidak sedikit. Selain itu, kamu pun bisa sering berganti-ganti item sesuai mood.

Layanan ini biasanya juga menyediakan jasa antar jemput sehingga kamu tidak perlu repot datang langsung ke tempat sewa. Beberapa tempat penyewaan mengizinkanmu membeli item yang kamu sewa jika kamu betul-betul menyukainya.

9. Cara Beli Barang Mewah Paling Oke: Investasi!

Sama seperti menabung, investasi merupakan “kendaraan” yang bisa kamu pakai demi menuju tujuan finansialmu. Kalau tujuan finansialmu adalah beli barang-barang bermerek, maka hal itu tidak ada salahnya. Asalkan, kamu menginvestasikan uangnya di tempat yang terpercaya dan di aset yang tepat.

Nah, untuk mencapai tujuan finansialmu, tak ada salahnya kok berinvestasi di Pluang! Kamu bisa berinvestasi emas digital, indeks S&P 500, aset kripto, hingga reksa dana hanya dalam satu aplikasi saja. Tanpa biaya admin dan spread rendah, sehingga tujuan finansialmu akan makin cepat tercapai!

Baca juga: Bernilai Ratusan Miliar, Ini Lho 6 Rumah Mewah Tokoh Indonesia yang WOW

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

sumber: youtube, clevergirlfinance

The post Mau Belanja Barang Mewah Anti Rasa Bersalah? Simak 9 Caranya di Sini! appeared first on Pluang.