Manfaat QRIS Bagi Pedagang dan Pembeli

Bagi kalangan milenial yang kerap bertransaksi dengan aplikasi pembayaran digital, pastinya sudah tahu dong manfaat QRIS. Ya, QRIS hadir untuk mempermudah pembayaran digital. Tidak hanya bagi pembeli, pedagang pun turut merasakan manfaat QRIS. Nah, di dalam artikel ini kami akan memaparkan berbagai manfaat QRIS bagi pedagang dan pembeli. Namun sebelumnya kami juga ingin menjelaskan apa […] Artikel Manfaat QRIS Bagi Pedagang dan Pembeli pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.

Bagi kalangan milenial yang kerap bertransaksi dengan aplikasi pembayaran digital, pastinya sudah tahu dong manfaat QRIS. Ya, QRIS hadir untuk mempermudah pembayaran digital. Tidak hanya bagi pembeli, pedagang pun turut merasakan manfaat QRIS.

Nah, di dalam artikel ini kami akan memaparkan berbagai manfaat QRIS bagi pedagang dan pembeli. Namun sebelumnya kami juga ingin menjelaskan apa itu QRIS.

Jadi, bagi Anda yang belum mengetahui QRIS atau ingin mengenal lebih jauh tentangnya, informasi di bawah ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Mari kita simak dengan saksama!

Apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesian Standard atau yang biasa disebut QRIS adalah QR Code yang dirancang berdasarkan standar nasional Indonesia. QRIS merupakan bagian dari ‘produk’ Bank Indonesia (BI) yang bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Jadi, tujuan utama dari QRIS ialah menyatukan berbagai jenis QR code dari penyedia layanan sistem pembayaran digital.

Kita ketahui bersama, transaksi pembayaran secara online semakin ‘marak’ dilakukan masyarakat kita, terutama kalangan milenial. Transaksi online memang menawarkan kemudahan bagi penggunanya dan dinilai ‘anti ribet’ dibandingkan transaksi secara tunai. Ini-lah salah satu alasan transaksi online hingga kini terus mengalami peningkatan dari sisi pengguna.

Maraknya transaksi pembayaran online ini dibarengi dengan kemunculan sejumlah teknologi finansial atau lebih tepatnya aplikasi pembayaran digital seperti OVO, GoPay, LinkAja, DANA dan lain sebagainya.

Nah, sejumlah aplikasi pembayaran digital tersebut dulunya menggunakan QR code masing-masing sebelum ‘dicetuskannya’ QRIS. Jadi, apabila Anda menggunakan 7 aplikasi pembayaran digital maka Anda harus mempunyai 7 jenis QR Code dari masing-masing aplikasi pembayaran digital tersebut.

Coba bayangkan! Apakah hal itu efektif bagi Anda selaku pembeli atau pedagang? Yang ada justru ribet, bukan begitu?

Sebagai terobosan baru, QRIS akhirnya hadir di tengah-tengah kita berkat kerja sama antara Bank Indonesia dan ASPI. Jadi, Anda tidak perlu lagi dibuat ribet dengan banyaknya QR Code dari masing-masing aplikasi pembayaran digital yang Anda miliki. Sebab, QRIS memungkinkan Anda menggunakan satu QR Code saja untuk semua aplikasi pembayaran digital yang berlaku di Indonesia.

Manfaat QRIS

Seperti disebutkan di atas, QRIS hadir dengan tujuan yang baik bagi, yakni memudahkan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi online melalui aplikasi pembayaran digital. Secara spesifik, berikut manfaat QRIS bagi pedagang maupun pembeli:

Manfaat QRIS Bagi Pedagang

1. Traksaksi Jadi Gampang dan Cepat

Kehadiran QRIS betul-betul sangat bermanfaat bagi pedagang atau merchant. Bagi Anda yang merasakan ‘masa’ sebelum dan sesudah adanya QRIS pasti tahu betul perbedaannya.

Dulu, mungkin Anda memasang bermacam-macam QR Code di meja kasir untuk melayani pembayaran digital dari konsumen atau pembeli. Namun, setelah QRIS hadir, ‘keribetan’ itu sudah tidak dijumpai lagi. Kini, pedagang hanya perlu satu QR Code dari QRIS untuk melayani semua jenis pembayaran digital dari konsumen.

Hal ini berdampak positif pada proses transaksi yang lebih mudah, praktis dan cepat. Meja kasir pun menjadi ‘tidak ramai’ alias lebih rapi dari sebelumnya.

2. Terhindar dari Penipuan Uang Palsu

Seperti diketahui, hingga saat ini, masih saja ada orang yang melakukan penipuan dengan menggunakan uang palsu. Sebagai pedagang, Anda tentunya tidak ingin hal itu terjadi.

Nah, penggunaan QRIS sama halnya melakukan pembayaran secara non tunai. Dengan begitu, Anda tidak mungkin lagi menjadi korban penipuan yang memanfaatkan uang palsu.

Di sisi lain, pembayaran non tunai juga sangat disarankan di tengah pandemi Covid-19 ini yang tak kunjung berhenti. Anda pun bisa meminimalisir terjadinya penularan Covid-29 karena transaksi pembayaran dilakukan dengan tanpa sentuhan fisik.

3. Pendaftaran Merchant Jadi Lebih Gampang

Anda tidak perlu lagi mendaftarkan merchant atau toko Anda ke masing-masing aplikasi pembayaran digital. Kini, berkat kehadiran QRIS, Anda cukup melakukan satu kali pendaftaran dan toko Anda sudah bisa melayani berbagai aplikasi pembayaran digital.

Di sisi lain, dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital, Anda juga bisa mengecek riwayat transaksi yang Anda lakukan secara real time. Menariknya, informasi riwayat transaksi disuguhkan dengan tampilan yang mudah dipahami, termasuk bagi pemula.

Manfaat QRIS Bagi Pembeli

1. Pembayaran Makin Beragam

Seperti disebutkan di atas, pembeli juga turut merasakan manfaat dari kehadiran QRIS. Anda selaku pembeli kini tidak lagi ‘diribetkan’ dengan alternatif pembayaran yang mana yang paling terbaik.

Apabila merchant telah memakai QRIS, Anda bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dari berbagai aplikasi yang berlaku dan mengantongi izin di Indonesia.

2. Transaksi Mudah dan Cepat

Seperti halnya merchant, pembeli juga akan mendapatkan manfaat berupa proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat jika menggunakan aplikasi pembayaran digital yang didukung QRIS. Anda juga tidak perlu menunggu uang kembali dari kasir atau pedagang yang bisa menyebabkan antrean panjang (jika toko dalam keadaan ramai).

Di sisi lain, transaksi secara digital juga lebih higienis. Anda tidak perlu lagi khawatir terpapar Covid-19 karena transaksi tidak dilakukan dengan melibatkan kontak fisik.

Cara Melakukan Pembayaran dengan QRIS

Seperti dijelaskan di atas, pembayaran digital dengan menggunakan QRIS tidak melibatkan kontak fisik antara pedagang dan pembeli. Cara penggunaannya pun mudah dilakukan bagi siapa saja, termasuk pemula.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu pada kartu debit, kartu kredit, e-wallet dan jenis uang digital Anda memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transaksi pembelian. Untuk diketahui, QRIS menggunakan dua mode, yakni customer presented mode untuk pembeli dan merchant presented mode untuk pedagang atau merchant.

Nah, selaku pembeli, Anda harus menunjukkan QR Code dari smartphone Anda kepada pedagang. Pedagang akan melakukan proses scanning untuk melakukan pembayaran secara digital.

Perlu diketahui, QRIS mematok batasan transaksi pembayaran digital, yakni hingga Rp 2 juta. Jadi, pembayaran dengan nominal lebih dari itu dimungkinkan tidak bisa dilakukan.

Lebih lanjut, ada juga batasan kumulatif bulanan dan harian yang diterapkan sesuai dengan ketentuan penyedia layanan sistem pembayaran digital. Batasan kumulatif ini diketahui ditentukan dengan mengacu pada manajemen risiko keuangan setiap pengguna.

Itulah berbagai manfaat QRIS bagi pedagang dan pembeli. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pembukuan perusahaan/bisnis dengan mudah, Anda dapat memanfaatkan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Ada banyak fitur unggulan yang ditawarkan, tentunya, untuk memudahkan kegiatan pembukuan perusahaan/bisnis Anda.

Berbagai fitur unggulan yang dimaksud di antaranya:

  • Pengumpulan data otomatis, untuk menganalisa pertumbuhan perusahaan yang bersumber dari kegiatan finansial karyawan secara otomatis;
  • Catatan pengeluaran otomatis, untuk mengajukan request reimbursement di mana dan kapan saja;
  • Approval di mana pun, untuk memonitor kegiatan finansial karyawan Anda di mana dan kapan saja.
  • Dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic, Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan, di antaranya:

  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi terkait pembukuan perusahaan
  • Pemahaman lebih mendalam dan akurat terkait pengeluaran perusahaan
  • Hemat waktu karena semuanya dilakukan secara otomotis.

Tunggu apa lagi, yuk pakai aplikasi expense management dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.

Artikel Manfaat QRIS Bagi Pedagang dan Pembeli pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.