Interview Dengan User Pengertian Dan Tips

Apa Itu Interview Dengan user ? Bagi para karyawan dan orang yang sudah sering kali melakukan pindah kerja atau sedang mencari kerja tentu saja tidak asing lagi dengan istilah ini. Interview dengan user merupakan salah satu tahapan dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai baru. Setelah calon karyawan dinyatakan lolos dari tahapan interview awal yang  biasa […] Artikel Interview Dengan User Pengertian Dan Tips pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.

interview dengan user

Apa Itu Interview Dengan user ?

Bagi para karyawan dan orang yang sudah sering kali melakukan pindah kerja atau sedang mencari kerja tentu saja tidak asing lagi dengan istilah ini. Interview dengan user merupakan salah satu tahapan dalam proses penerimaan karyawan atau pegawai baru. Setelah calon karyawan dinyatakan lolos dari tahapan interview awal yang  biasa dilakukan dengan HRD. Maka tahapan selanjutnya yang harus dilalui oleh calon karyawan tersebut adala interview dengan user.

Siapa itu user ?. User sendiri adalah sebutan bagi orang yang nantinya akan berkerja dan bersinggungan langsung dengan anda. Untuk membentuk kinerja yang baik tentu saja dibutuhkan interaksi dengan rekan kerja yang baik pula. Karena itu ini merupakan hal penting yang perlu dilakukan setelah sebelumnya dinyatakan lolos interview pertama.

User yang biasanya melakukan interview ini biasanya seperti atasan, team leader, kepala devisi dan juga supervisor dimana nantinya akan bersinggungan langsung dengan kamu setelah dinyatakan diterima. Interview ini bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Karena para user harus mengetahui kepribadian, karakteristik dan juga gambaran yang dimiliki seseorang yang nantinya berkerja dengan mereka.

Dengan menyelesaikan interview ini dengan baik maka akan memperbesar kemungkinan kamu untuk diterima dalam pekerjaan tersebut. Karena itu tak sedikit orang yang mulai menyadari tahapan interview dengan user ini.

Tips Melakukan Interview User Dengan Baik

Tentu saja dalam melakukan interview ini tak sedikit membuat banyak pelamar grogi dan khawatir. Karena itu berikut ini adalah hal atau tips yang dapat anda siapkan. Sehingga mampu mneyelesaikan interview ini dengan baik.

interview dengan user

Mengenali User

Tips yang pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat menyelesaikan interview ini dengan baik yaitu dengan mengetahui user yang akan melakukan interview dengan anda. Hal ini akan semakin mudah ketika anda mengenali user anda dengan baik. Sebaiknya anda terlebih dahulu untuk melakukan survei dan mengenali perusahaan tempat anda melamar dan bagian pekerjaan anda dengan baik.

Lakukanlah riset terlebih dahulu terkait user yang sekiranya akan melakukan interview dengan anda. Anda dapat mengenal profil perusahaan dan bagian didalamnya untuk mempermudah. Dari hasil melakukan riset ini, anda dapat membangun hubungan yang baik dengan user ketika interview dilakukan. Hubungan yang baik selama wawancara tersebut dapat menjadikan peluang anda lolos semakin besar.

Membangun relasi akan mnambah kemungkinan anda untuk diterima, karena secara umum user akan memilih kandidat yang sekiranya dapat berkerja baik dengan mereka. Dengan kandidat yang terlihat nyambung dan juga cocok untuk pekerjaan tersebut. Selain itu dengan adanya riset yang anda lakukan terlebih dahulu, maka akan semakin meningkatkan rasa percaya diri anda ketika diwawancarai.

Hadir Tepat Waktu

Tips yang kedua tak kalah penting yaitu dengan datang ke wawancara tersebut dengan tepat waktu. Sebenarnya tidak hanya dalam wawancara user yang harus tepat waktu, namun semua proses perekrutan yang anda jalani akan lebih baik ketika anda datang tepat waktu.

Tentu tidak dapat dibayangkan ketika anda datang ke wawancara ini telat dari waktu yang sudah ditentukan. Tentu saja kemungkinan anda untuk dapat diterima akan semakin kecil karena membuat user anda menunggu. Karena itu tak sedikit calon pekerja yang sudah mempersiapkan hari interviewnya dengan baik dengan terlebih dahulu mengetahui lokasi dan juga transportasi yang ada. Untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti telat datang dan membuat user yang justru menunggu.

Akan lebih baik ketika anda datang pada wawancara ini 30 menit sebelum waktu wawancara dilaksanakan. Karena dengan waktu yang masih ada tersebut anda dapat memantapkan diri dan juga mempersiapkan diri dengan baik sehingga lebih tenang dan mengusai ketika diwawancarai.

Menjaga Sopan Santun

Kepribadian kandidat juga tak luput dari pengamatan para user. Kepribadian , karakteristik dan juga gambaran dari kandidat sangatlah penting bagi perusahaan. Karena tentu saja sebuah perusahaan membutuhkan karyawan yang baik. Begitu pula user akan selalu memperhatikan para kandidat yang sekiranya nanti dapat berkerja dengan mereka secara baik dan cocok.

Sopan santun merupakan salah satu point penting diantaranya. Bagaimana seorang kandidat bersikap dalam wawancara yang dilakukan merupakan hal yang penting untuk diamati. Karena pekerja yang baik selalu menjunjung tinggi sopan santun dalam kinerja yang mereka lakukan. Dengan sopan santun yang dimiliki karyawan atau pekerja akan menunjukkan seberapa profesional mereka dalam bekerja.

Tunjukkan Keunikan Anda

Tahapan interview dengan user merupakan tahapan yang juga penting dimana didalamnya anda juga dapat menunjukkan kemampuan anda. Kemampuan yang sekiranya mampu membuat anda memiliki point lebih dibandingkan dengan kandidat lainnya.

interview dengan user

Walau tak sedikit perusahaan yang menganggap sesi atau tahapan wawancara ini hanya formalitas dan tak sedikit pula yang meminta HRD untuk melakukan wawancara tahapan ini. Namun tetap saja anda harus menyiapkan tahapan ini dengan baik dan maksimal. Karena itu anda harus bisa memanfaatkan tahapan ini dengan sebaik mungkin untuk memperbesar peluang anda untuk dapat diterima bekerja di tempat yang anda inginkan tersbeut.

Karena itu anda berpeluang besar untuk menunjukkan keunikan yang anda miliki dibandingkan dengan kandidat lainnya. Yang tentunya akan berguna dan berdampak besar bagi pekerjaan anda nantinya.

Manfaatkan Sesi Wawancara Dengan Baik

Dalam sesi wawancara tidak melulu hanya berisikan seorang perwakilan perusahaan yang akan menanyakan berbagai hal kepada kandidat. Namun juga berisikan dengan tanggapan dan jawaban sebaik mungkin yang disampaikan oleh kandidat. Terlebih lagi dengan pertanyaan yang bisa diajukan oleh para kandidat.

Anda harus memanfaatkan sesi ini sebaik mungkin sehingga kemungkinan anda untuk mendapatkan pekerjaan itu semakin besar. Kandidat harus dapat melihat timing dalam sesi ni dengan baik. Misalnya menjawab pertanyaan dari user setelah kandidat dipersilahkan dan lain-lain. Usahakan untuk kandidat tidak memberikan jawaban atau membicarakan hal yang sekiranya berada diluar konteks dari apa yang user tanyakan.

Dimana secara umum diakhir sesi tanya jawab yang dilakukan user akan memberikan kesempatan kepada kandidat untuk bertanya mengenai pekerjaan atau hal terkait. Namun tak banyak kandidat yang memanfaatkan hal tersebut dan lebih memilih diam. Namun anda bisa memanfaatkan hal tersbut untuk bertanya berkaitan dengan pekerjaan yang akan dijalaninya nanti.

Untuk melakukan interview user dengan baik sehingga berhasil meloloskan karyawan dengan kualitas terbaik. Maka saran terbaik yaitu menggunakan aplikasi JojoTimes untuk mendukung HR. Tugas HR yang sangat banyak akan membuatnya semakin kerepotan maka dirasa, aplikasi ini sangat cocok untuk para HR.

Dari sekian banyak tugas HR yang harus mengatur dan menyelesaikan banyak hal. Dengan aplikasi ini HR dapat mengetahui aktifitas karyawan secara real time. JojoTimes dari Jojonomic menyediakan banyak fasilitas sehingga mempermudah kinerja HR. Jadi HR bisa dengan mudah memantau aktifitas apa saja yang dilakukan oleh pegawai.

Jika selama ini proses absensi menggangu produktifitas HR. Dengan adanya JojoTimes dari Jojonomic akan meringankan kinera HR sehingga dapat lebih fokus pada hal rekruitmen perusahaan. Nikmati keunggulannya, ayo segera coba !!! versi demonya Gratis!

Artikel Interview Dengan User Pengertian Dan Tips pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.