Dapat Kuota Kemenag Telkomsel – Bisa Buat Apa Saja Ya?

Kementerian Keagamaan mulai menggulirkan bantuan kuota pendidikan kepada orang-orang dalam naungannya. Apa saja fungsinya dan bagaimana cara mengeceknya? The post Dapat Kuota Kemenag Telkomsel – Bisa Buat Apa Saja Ya? first appeared on Gadgetren.

Dapat Kuota Kemenag Telkomsel – Bisa Buat Apa Saja Ya?

Migrasi-4G-Telkomsel-Feature

Gadgetren – Kementerian Agama (Kemenag) sudah mulai menyalurkan bantuan kuota internet gratis untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada instansi pendidikan di bawah naungannya.

Bantuan tersebut menariknya disalurkan melalui berbagai macam operator seluler di Indonesia, termasuk Telkomsel yang sejak tahun 2020 menjalin kolaborasi untuk menghadirkan kuota terjangkau.

Berdasarkan keterangan dari Kemenag, para penerima bantuan berbentuk kuota internet tersebut adalah mahasiswa, dosen, guru, dan siswa yang berada di instansi pendidikan milik kementerian itu.

Adapun instansi pendidikan yang dimaksud secara lebih rinci meliputi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI), hingga Raudlatul Athfal (RA).

Penerima bantuan akan memperoleh kuota berbeda-beda tergantung jenjang maupun statusnya. Seperti pada program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut rincian secara khusus pembagian kuota untuk para pelanggan di jaringan Telkomsel.

Daftar Pembagian Kuota Kemenag Telkomsel

Penerima Instansi Besar Kuota
Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 15GB
Dosen PTKI 15GB
Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Perguruan Tinggi Umum 15GB
Guru MA, MTs, MI, RA 12GB
Guru PAI Sekolah Umum 12GB
Siswa MA, MTs, MI 10GB
Siswa RA 10GB

Penyaluran bantuan rencananya akan dilakukan secara bertahap mulai dari bulan Mei hingga Juni 2021. Jadi apabila belum menerimanya, maka peserta penerima bantuan tentu perlu sedikit bersabar.

Namun jika memang belum terdaftar, siswa, guru, dosen, maupun mahasiswa yang memenuhi persyaratan bantuan perlu meregistrasikan diri ke aplikasi EMIS, SIMPATIKA/SIAGA, PTU, atau Lintasi DAI kemudian menghubungi instansi terkait.

Fungsi Kuota Kemenag Telkomsel

Bantuan kuota Kemenag Telkomsel tersedia secara gratis untuk seluruh penerima yang terdaftar. Hanya saja sebagai ganti, tidak semua situs, aplikasi, dan layanan dapat diakses menggunakannya.

Hampir sama dengan Kuota Kemendikbud, bantuan paket data Kemenag ini hanya bisa dipakai untuk mengakses situs dan layanan yang diizinkan dengan pembatasan dilakukan untuk beberapa layanan media sosial, game, dan aplikasi video.

Pihak kementerian dan Telkomsel memang tidak melakukan pemblokiran permanen dalam hal ini. Namun ketika mencoba membuka aplikasi dan layanan yang tidak diizinkan, akses internet akan dialihkan ke kuota reguler atau paket lain yang dimiliki oleh pelanggan.

Pada layanan Telkomsel, bantuan kuota Kemenag sendiri dapat diakses pada seluruh jaringan internet yang tersedia baik itu 2G, 3G, maupun 4G. Para pelanggan pun dapat mengecek sisanya melalui aplikasi MyTelkomsel maupun kode USSD cek pulsa.

Cara Cek Kuota Kemenag Telkomsel

Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

  1. Pasang Aplikasi MyTelkomsel dari Google Play Store maupun Apple App Store
  2. Login dengan nomor yang terdaftar
  3. Verifikasi menggunakan tautan yang diterima melalui SMS jika diperlukan
  4. Nantinya, informasi sisa kuota akan langsung muncul di halaman utama
  5. Ketuk Internet jika ingin melihat rinciannya
    Kuota Kemenag Telkomsel -1

Untuk menggunakan opsi pengecekan kuota ini, pelanggan Telkomsel tentu perlu memiliki akses ke jaringan internet. Namun sebagai alternatif jika tidak mempunyainya, kita bisa melakukan hal itu melalui USSD pengecekan pulsa.

Menggunakan Kode USSD

  1. Buka menu panggilan telepon (Dialpad)
  2. Ketik kode USSD *888#
  3. Tekan tombol Panggil
  4. Masuk ke menu Cek Pulsa
    Kuota Kemenag Telkomsel - 2
  5. Pilih opsi Cek Kuota
    Kuota Kemenag Telkomsel - 3
  6. Konfirmasi dengan memilih Cek Kuota sekali lagi jika diperlukan
    Kuota Kemenag Telkomsel - 4

Informasi mengenai kuota Kemenag Telkomsel nantinya akan dikirim melalui SMS. Jangan lupa juga untuk memilih opsi atau masuk ke dalam menu tertentu di jendela USSD, pelanggan perlu mengetikan angka yang sesuai kemudian menekan tombol kirim.

Baca lebih lanjut seputar gadget di gadgetren.comThe post Dapat Kuota Kemenag Telkomsel – Bisa Buat Apa Saja Ya? first appeared on Gadgetren.