Contoh Analisis SWOT Diri Beserta Penjelasannya

Contoh Analisis SWOT Diri – Jika anda pernah bekerja dalam dunia indusstri, atau sekedar scrolling google pasti pernah mendengar yang namanya Analisis SWOT atau SWOT Analysis. Tahukah anda bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan bakat serta kemampuannya masing – masing dalam mencapai kesuksesan. Di sisi lain, anda pun bisa terperosok dalam kegagalan […] Artikel Contoh Analisis SWOT Diri Beserta Penjelasannya pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.

contoh analisis swot diri

Contoh Analisis SWOT Diri – Jika anda pernah bekerja dalam dunia indusstri, atau sekedar scrolling google pasti pernah mendengar yang namanya Analisis SWOT atau SWOT Analysis. Tahukah anda bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan bakat serta kemampuannya masing – masing dalam mencapai kesuksesan. Di sisi lain, anda pun bisa terperosok dalam kegagalan penderitaan tak berkesudahaan apabila gagal dalam mengidentifikasi kelemahan serta kekuatan diri sendiri.

Hal yang membuat SWOT analysis bergitu powerful untuk mengidentifikasi ‘diri’ adalah dengan kemampuannya dalam menunjukkan kesempatan – kesempatan yang mungkin terlewat atau terselip ketika anda menggunakan metode analisis lainnya. Pun dengan analisis kekurangan atau kelemahan yang ada, seorang individu bisa mengeliminasi atau mengurangi berbagai macam ancaman yang mungkin akan ia hadapi di masa mendatang.

Analisis SWOT secara personal akan memapu menunjukkan kepada diri sendiri apa saja rencana yang harus anda ambil untuk menentukan karir kedepan.

Bagian paling ‘riskan’ dari menemukan pekerjaan yang anda sayangi adalah menyeimbangkan antara kemampuan dengan jenis pekerjaan yang juga mampu membayar anda pantas untuk ketrampilan tersebut. Hal inilah yang menjadi keuntungan dari adanya penggunaan analisis SWOT untuk diri sendiri.

Apa Itu SWOT Analysis?

SWOT merupakan singkatan dari Strength (Kekuatan atau Kelebihan), Wekaness (Kekurangan dan Batasan), Opportunity atau Kesempatan dan Treath atau Ancaman slash halangan – rintangan. SWOT analisis telah mulai digunakan sejak tahun 70 – an sebagai alat perencanaan dan Analisa untuk suatu proyek professional dan bisnis. sampai sekarang, SWOT analysis masih sering digunakan untuk para pebisnis dalah menentukan atau memfokuskan pikiran mereka, menganalisa progress yang ada serta membentuk strategi dalam penyelesaian masalah.

Namun, jika anda tengah berpikir untuk mengganti jenis karir yang ingin anda kerjakan. Mungkin daftar SWOT analisis berikut ini bisa membantu anda dalam menentukan apa saja kekurangan dan kelebihan yang anda miliki. Pun keunikan anda yang tidak ada pada competitor – competitor lainnya.

contoh analisis swot diri

Membuat Daftar Kelebihan atau Kekuatan Anda Dengan Lengkap

Langkah pertama dalam mengerjakan yang namanya analisis SWOT untuk pribadi adalah dnegan menuliskan kekuatan anda dengan lengkap. Perlu diketahui bahwa daftar tersebut nantinya akan membantu anda untuk tampil lebih percaya diri dalam interview atau ketika mengincar promosi di tempat kerja. Dengan menuliskan kelebihan dan kekuatan anda terlebih dahulu, anda akan mudah mengingat apa saja yang bisa anda berikan sebagai sumbangsih yang tidak dimiliki oleh kandidat lainnya. Berikut adalah ebberapa pertanyaan yang harus anda isi ketika menuliskan daftar ‘Strength’ SWOT analysis, antara lain adalah :

  • Apa jenis kualifikasi professional atau sertifikasi yang membuat anda lebih baik dari orang lain?
  • Apakah keahlian anda dalam suatu bidang akan memberikan manfaat bagi suatu organisasi?
  • Apa saja proyek atau pekerjaan yang telah anda selesaikan dnegan baik?
  • Apakah anda memiliki kontak atau hubungan yang erat terkait industry yang akan anda jalani? Industry dalam bidang – bidang seperti periklanan, pemasaran atau akuntansi dan sebagainya.
  • Kelebihan lain apa yang membuat anda berbeda dari orang atau kandidat lainnya? Hal – hal seperti kemampuan memimpin dan dedikasi dalam bekerja.
  • Bagaimana orang lain berpikir tentang kemampuan atau kekuatan anda?

Kenali Dengan Baik Kekurangan dan Kelemahan Anda

Langkah kedua adalah dengan mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan diri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Analisa SWOT bisa digunakan oleh setiap individu untuk meningkatkan citra dirinya masing – masing. Mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan merupakan jalan terbaik dalam mengembangkan diri anda.

contoh analisis swot diri

Hal ini juga akan sangan membantu anda dalam menyiapkan jawaban ketika ditanya mengenai apa saja kelemahan anda. Pertanyaan – pertanyaan yang bisa anda gunakan sebagai dasar menentukan kelemahan dan kekurangan diri masing – masing antara lain adalah :

  • Apakah anda memiliki kemampuan atau ketrampilan yang diperlukan untuk sukses dalam menajalani peran anda sekarang atau nanti di masa depan?
  • Apa kebiasaan buruk yang sering anda lakukan? Contohnya seperti sering telat bangun, mempunyai kemampuan komunikasi yang pas – pasan, atau yang lainnya.
  • Jenis sifat apa yang bisa anda tingkatkan agar bisa lebih efisien nantinya?
  • Bagaimana pendapat orang lain tentang kelemahan atau kekurangan anda tersebut? Anda bisa menyebutkan apa saja yang dianggap orang lain sebagai kelemahan dan kekurangan anda. Meskipun dalam sudut pandang pribadi hal tersebut bukanlah suatu kelemahan atau kekurangan.

Temukan Kesempatan atau Oportunity yang Tepat

Yang namnaya kesempatan itu bisa datang dengan berbagai bentuk yang berbeda – beda. hal inilah yang membuat banyak orang terkadang tidak tahu bahwa sebuah kesempatan baru saja lewat di depannya. Jadi, dalam usaha melihat kesempatan yang sempurna dengan keinginan dan kemampuan anda, berikut adalah pertanyaan – pertanyaan yang bisa anda diskusikan.

  • Apakah ada kesempatan perubahan (seperti kenaikan pangkat) yang bisa anda jadikan keuntungan dalam tempat kerja anda yang sekarang?
  • Adakah teknologi terbaru atau trend dalam dunia industry yang bisa anda gunakan untuk kepentingan anda di masa depan?
  • Apakah ada posisi kosong di perusahaan tempat anda bekerja yang cocok dengan ketrampilan atau kemampuan yang anda miliki?
  • Adakah proyek baru di perusahaan atau organisasi anda yang bisa menambah kesempatan jenjang karir yang lebih bagus?
  • Dapatkah ketrampilan baru yang anda miliki akan mampu meningkatkan keunggulan kompetitif anda dibandingkan dengan yang lain? Contohnya ketika anda bekerja di dunia penerbangan maka mungkin anda memiliki kemampuan untuk berbicara dalam Bahasa asing dan sebagainya.

Hati – Hati Dengan yang Namanya Ancaman atau Tantangan dan Ringtangan di Depan

Hal terakhir dari SWOT analisis untuk pribadi masing – masing adalah dengan berpikir seolah anda merupakan sebuah perusahaan atau produk yang sedang bersaing dengan competitor lainnya. Hal ini akan mempermudah siapapun dalam menganalisa apa saja tantangan yang akan ia hadapi kedepan. Pun sesuai dengan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan berikut :

  • Apakah orang lain atau mungkin kolega anda bisa bekerja lebih baik dari anda dalam posisi yang sama? Apakah anda berdua sama – sama menginginkan posisi promosi yang searah juga?
  • Mungkinkah perkembangan teknologi akan menghambat karir anda?
  • Adakah sifat pribadi yang membuat anda tidak memiliki kemajuan karir yang diinginkan?
  • Apa kendala yang menghalagi anda untuk mencapai target yang diinginkan? Misalnya lingkungan kerja yang kurang baik atau bahkan persoalan internal dalam kehidupan anda sendiri.

SWOT analysis memang dibutuhkan oleh banyak perusahaan bahkan individu masing – masing untuk dapat lebih maju dan berkembang. Demikian pula sama halnya dengan penggunaan produk yang tepat dalam menunjang proses pencatatan keuangan perusahaan. Anda sebaiknya gunakan software yang sesuai dan sudah terpercaya, seperti misalnya menggunakan JojoExpense dari Jojonomic yang sudah terjamin kualitasnya.

Aplikasi ini akan membantu perusahaan dalam memperoleh aneka macam manfaat mulai dari sistem reimburse yang jauh lebih mudah, penyediaan kas keuangan yang tentu lebih cepat, hingga akurasi penyimpanan data yang sudah terstruktur dan bukti pengeluaran serta pemasukan perusahaan. Tunggu Apalagi! Segera Gunakan JojoExpense Sekarang dan Dapatkan Free Trialnya!

Artikel Contoh Analisis SWOT Diri Beserta Penjelasannya pertama kali tampil pada Jojonomic | Aplikasi HRIS, Human Capital & Expense Management.