Analisis Karakter Scorpion – Karakter Maskot dengan Kalimat yang Iconic

Scorpion tidak hanya sukses menjadi maskot Mortal Kombat dan icon untuk studio developernya, tapi juga melahirkan satu kalimat iconic.

Analisis Karakter Scorpion – Karakter Maskot dengan Kalimat yang Iconic

Mortal Kombat adalah serial game fighting yang cukup unik dari berbagai hal termasuk pemilihan karakter bintang atau jagoan. Saat game fighting lain seperti Street Fighter punya satu karakter maskot dan jagoan yang tidak pernah berubah, karakter yang jadi jagoan di game Mortal Kombat selalu berubah di setiap iterasinya.

Dulu kita mengenal Liu Kang sebagai karakter jagoan. Tapi posisi tersebut kemudian sempat digeser oleh Johnny Cage, kemudian diteruskan ke putrinya yaitu Cassie Cage ketika jagoan-jagoan lawas sudah dianggap terlalu tua. Barulah di Mortal Kombat 11 karakter jagoannya kembali berada di tangan Liu Kang.

BACA JUGA: Analisis Bowser – Musuh Mario yang Punya Banyak Sisi Menarik

Tapi meskipun karakter jagoannya selalu berubah, ada satu karakter yang justru selalu menjadi maskot dan icon untuk Mortal Kombat. Tidak tanggung-tanggung, di Mortal Kombat 11 terbaru ia bahkan menjadi karakter di poster, dan hingga hari ini menjadi karakter yang ada di icon developer NetherRealm Studios. Karakter tersebut tentu saja adalah Scorpion.

Tidak Baik Maupun Jahat

analisis-karakter-scorpion

Scorpion adalah satu dari sedikit karakter Mortal Kombat yang tidak pernah absen di satupun game Mortal Kombat hingga saat ini. Ia hampir tidak pernah menjadi karakter utama atau karakter jagoan dalam cerita, tapi keberadaannya selalu membuat cerita di Mortal Kombat jadi lebih menarik.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Scorpion adalah hantu yang bangkit dari neraka. Ia bangkit dengan satu tujuan yang sangat jelas, yaitu mencari dan membalas dendam ke siapapun yang membantai dan menghabisi klan dan keluarganya. Ia tidak akan berhenti dan rela melakukan apapun untuk tujuan itu.

analisis-karakter-scorpion-subzero

Awalnya, ia selalu menganggap bahwa orang yang membunuh klannya adalah Sub-Zero. Baru belakangan terungkap bahwa tuduhan tersebut merupakan manipulasi dari salah satu karakter antagonis Quan Chi yang merupakan pelaku sebenarnya yang menghabisi klan Scorpion. Setelah itu barulah Scorpion mengarahkan kebenciannya untuk Quan chi.

Terlepas dari itu, kehadiran Scorpion membawa dinamika yang unik ke cerita Mortal Kombat. Ia bisa saja berperan sebagai salah satu antagonis atau salah satu protagonis karena motivasinya dalam cerita bukanlah menguasai atau menyelamatkan dunia. Ia hanya ingin membalas dendam klannya, dan akan mengikuti pihak manapun yang bisa memenuhi tujuan tersebut. Tapi karena lebih berperan sebagai karakter netral yang “tersesat”, ia tidak sering berinteraksi dengan karakter lain.

Get Over Here!

analisis-karakter-scorpion-api

Tapi faktor utama yang membuat Scorpion jadi karakter iconic tentu saja bukan ceritanya. Karena sepanjang sejarah Mortal Kombat ada banyak cerita yang menarik dan berkesan selain kisah balas dendam Scorpion yang seolah tidak pernah berubah.

Faktor utama yang membuat Scorpion berkesan tentu saja desain dan gaya bertarungnya. Meskipun terlihat seperti karakter ninja pada umumnya dengan warna kostum kuning, Scorpion biasanya dikenal tidak punya badan manusia. Umumnya ia hanya memperlihatkan kepalanya yang hanya berupa tengkorak.

Lalu tidak seperti ninja biasa, Scorpion yang merupakan hantu dari neraka ini juga punya banyak gerakan yang berhubungan api. Ia tidak hanya bisa menyemburkan atau mengeluarkan api, tapi juga teleportasi dengan properti api dan bahkan membuat portal ke neraka.

analisis-karakter-scorpion-hook

Lalu satu lagi gerakan yang sangat iconic untuk karakter ini tentu saja kunai berantai yang ia lemparkan ke musuh untuk menarik musuh tersebut ke posisi Scorpion. Tidak hanya itu ketika menarik lawan ia akan melontarkan kata “get over here!” atatau “come here!” Jurus dan kalimat tersebut jadi sangat iconic tidak hanya di dunia Mortal Kombat dan fighting game tapi juga dunia game secara keseluruhan.

Hingga hari ini, ada banyak konten di game lain yang mengambil referensi karakter ini sebagai easter egg. Sebagai contoh, karakter Pudge di Dota 2 atau Roadhog di Overwatch akan melontarkan kalimat “get over here!” dan “come here!” ketika ia berhasil menarik lawan dengan hook-nya. Banyak game yang mencantumkan “get over here!” sebagai easter egg untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan grappling hook. League of Legends tidak tanggung-tanggung menghadirkan skin yang mirip dengan karakter Scorpion DAN Sub-Zero untuk karakter ninja mereka yaitu Shen.


Seiring perkembangan zaman, Mortal Kombat akan selalu berubah baik dari segi cerita hingga siapa yang akan jadi karakter baik dan buruk. Tapi apapun yang terjadi, kamu sepertinya akan selalu melihat Scorpion dengan semua ciri khasnya yang kita kenal saat ini.